Jakarta - National Radio Day adalah hari peringatan teknologi radio yang dirayakan setiap tanggal 20 Agustus. Radio pernah menjadi salah satu teknologi paling menakjubkan di dunia, digunakan oleh militer dan pemerintah untuk navigasi, distribusi berita, dan banyak lagi. 

Radio membuat berita dan musik lebih mudah diakses dan mempertemukan kita sebagai bangsa dan planet. Meskipun saat ini kita lebih bergantung pada internet dan televisi, radio masih tetap dihargai karena kualitas dan kontennya yang unik. 

Sejarah radio dapat dikaitkan dengan beberapa ilmuwan seperti Nikola Tesla, Guglielmo Marconi, Heinrich Rudolph Hertz, dan Lee de Forest. Mereka telah berkontribusi dalam pengembangan teknologi radio. 

Radio pertama kali digunakan untuk menyiarkan opera pada tahun 1910 oleh Lee de Forest. Kemudian, radio juga digunakan untuk menyiarkan berita, musik, dan acara olahraga.

Meskipun teknologi radio telah berkembang, radio masih tetap populer dan dihargai sebagai media hiburan dan informasi yang klasik. ***

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.