Jakarta -- Perusahaan Walt Disney melaporkan pendapatan fiskal kuartal kedua pada hari Rabu, dengan perusahaan sebagian besar mengalahkan ekspektasi Wall Street pada sebagian besar metrik utama, termasuk pendapatan.

Seperti halnya setiap perusahaan hiburan besar, profitabilitas streaming (atau kekurangannya) adalah salah satu metrik yang paling banyak dipantau. Kerugian dalam bisnis direct-to-consumer Disney terus menurun, turun menjadi $659 juta pada kuartal tersebut, turun dari $1,1 miliar pada kuartal sebelumnya, dan dari puncak $1,5 miliar dari laporan pendapatan akhir Bob Chapek sebagai CEO.

Sebagai tanda bagaimana perusahaan berencana untuk menangani ekonomi streaming, CFO Christine McCarthy mengatakan pada panggilan pendapatan bahwa Disney sedang dalam proses meninjau acara dan film di layanannya dan akan “menghapus konten tertentu dari platform streaming.” Nilainya antara $1,5 miliar dan $1,8 miliar untuk konten yang Anda hapus.

McCarthy menambahkan bahwa pada kuartal berikutnya perusahaan mengharapkan untuk meningkatkan kerugian streaming sekitar $100 juta.

CEO Disney Bob Iger menambahkan bahwa perusahaan melihat kenaikan harga dan iklan sebagai peluang pertumbuhan. Iger mengatakan perusahaan mengharapkan untuk menaikkan harga pada tingkat bebas iklannya, sambil menjaga harga tingkat yang didukung iklan “sederhana”, berkat ekonominya yang unggul.

“Kami melihat ada pertumbuhan yang signifikan dalam periklanan digital di masa depan,” kata Iger, menambahkan bahwa perusahaan akan mendorong lebih banyak iklan di Disney+.

Iger mengatakan perusahaan akan membuat penawaran “aplikasi tunggal” untuk Disney+ dan Hulu pada akhir tahun, meskipun layanan tersebut akan tetap terpisah untuk saat ini.

Dalam berita streaming lainnya, jumlah pelanggan Disney+ sedikit menurun menjadi 157,8 juta, turun dari 161,8 juta pada kuartal sebelumnya. Namun, sebagian besar penurunan tersebut adalah untuk Disney+ Hotstar, di mana jumlah voucher Disney+ domestik turun hanya 300.000, yang mengejutkan mengingat kenaikan harga akan dirasakan oleh sebagian besar konsumen pada kuartal terakhir.

Untuk itu, pendapatan rata-rata per pengguna (ARPU) Disney+ naik, naik 20 persen dari tahun ke tahun untuk pengguna domestik, dan 6 persen secara internasional tidak termasuk Hotstar. Pendapatan di divisi penyiaran naik menjadi $5,5 miliar (+12%).

Total pendapatan Disney pada kuartal tersebut adalah $21,8 miliar, naik 10 persen dari tahun sebelumnya, dengan pendapatan operasional segmen sebesar $3,3 miliar, turun 11 persen dari tahun lalu.

Penurunan pendapatan hampir secara eksklusif disebabkan oleh tantangan yang terus berlanjut di lini bisnis televisi. Pendapatan jaringan linier turun 7 persen dari tahun ke tahun menjadi $6,6 miliar, dengan pendapatan operasional di divisi turun 35 persen menjadi $1,8 miliar.

Hak olahraga dan biaya produksi ESPN yang tinggi, bersama dengan penurunan pendapatan afiliasi dan iklan, disalahkan pada kabel, sementara stasiun ABC dan ABC menghasilkan pendapatan iklan yang lebih rendah, melanjutkan tren yang terbukti di seluruh pasar.

Iger mengatakan bahwa rencana perusahaan mengenai ESPN tidak berubah, dan perusahaan akan memindahkan ESPN untuk disiarkan pada waktu yang tepat dan harga telah ditetapkan. “Semua hal itu terhubung,” tambahnya, dari ESPN ke paket kabel ke aliran profitabilitas, dan ada hal-hal tertentu yang perlu dikerjakan sebelum perusahaan dapat bergerak maju.

Di tempat lain dalam streaming, pelanggan Hulu agak datar, dengan tingkat SVOD yang didukung iklan menambah 200.000 pelanggan, dan tingkat TV langsung kehilangan 100.000 pelanggan. ESPN+ menambahkan 400.000 pelanggan. Pengembalian rata-rata per pengguna (ARPU) Hulu sedikit menurun karena pendapatan iklan yang lebih rendah sementara ARPU ESPN+ sedikit meningkat berkat peningkatan pendapatan iklan.

Tentu saja, bisnis taman hiburan Disney terus tumbuh secara eksponensial, dengan pendapatan taman hiburan internasional naik lebih dari 100 persen menjadi $1,2 miliar, berkat berakhirnya pembatasan COVID-19, dan pendapatan taman domestik naik 14 persen menjadi $5,6 miliar.

Penghasilan datang karena Disney dan Iger berupaya memangkas biaya untuk mengejar profitabilitas dalam streaming. Ini termasuk struktur organisasi baru, yang diumumkan kuartal lalu, serta pengurangan sekitar 7.000 pekerjaan. Perusahaan kini telah melakukan dua putaran PHK, dengan total sekitar 4.000 pekerjaan, dan putaran ketiga akan dimulai sebelum musim panas.

Disney melaporkan biaya pesangon $152 juta pada kuartal ini, dan McCathy mengindikasikan bahwa mereka akan naik pada kuartal berikutnya karena semakin banyak PHK yang berlaku. Red dari berbagai sumber

 

 

Jakarta - Perusahaan penyiaran dan media digital Amerika-Kanada, Vice Media Group, terancam bangkrut. Kondisi ini lantaran perusahaan sedang mengalami penurunan pendapatan, khususnya dari iklan.

Dilansir dari Reuters, Selasa (2/5/2023), menurut laporan New York Times pada Senin 1 Mei kemarin, Vice saat ini sudah bersiap untuk mengajukan kebangkrutan di tengah gejolak ekonomi yang terjadi.

Vice Media Group merupakan perusahaan media digital populer, yang sebagian besarnya mengurusi periklanan dan berpusat di New York, Amerika Serikat (AS).

Di sisi lain, Vice sedang mempertimbangkan untuk menjual sahamnya ke perusahaan lain untuk menghindari kebangkrutan. Kabarnya 5 perusahaan sudah menyampaikan ketertarikan mereka untuk membeli saham Vice. Apabila kebangkrutan terjadi, Fortress Investment Group selaku pemegang kreditur utama yang akan mengurusnya.

"Vice Media Group telah melakukan evaluasi menyeluruh atas alternatif dan perencanaan strategis perusahaan. Dewan direksi dan pemangku kepentingan terus berfokus untuk menemukan jalan terbaik bagi perusahaan," kata juru bicara Vice kepada Reuters.

Potensi kebangkrutan ini tidak hanya dialami oleh Vice, perusahaan media dan teknologi lainnya juga ikut merasakannya. Hal ini terjadi karena ekonomi dan pasar periklanan yang sedang turun.

Vice Media juga dikabarkan membatalkan program TV populer mereka bernama "Vice News Tonight", guna melakukan restrukturisasi perusahaan yang mengakibatkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada beberapa karyawan mereka.

Vice Media termasuk di antara kelompok usaha media digital yang berkembang pesat dan pernah mendapatkan penilaian yang positif, karena mendekati audiens milenial. Bersama salah satu pendirinya, Shane Smith yang membangun Vice dari sebuah majalah kecil sampai menjadi perusahaan media digital periklanan terbesar di AS. Red dari berbagai sumber

 

 

Jakarta -- Badan penyiaran National Public Radio NPR hari Rabu (12/4) mengatakan tidak akan lagi memasang konten beritanya di 52 akun Twitter resmi sebagai protes terhadap kebijakan situs media sosial itu melabeli kantor berita independen Amerika itu sebagai “media yang didanai pemerintah.”

NPR adalah organisasi berita besar pertama yang tidak akan menggunakan Twitter.

Platform media sosial milik Elon Musk itu awalnya melabeli NPR sebagai ”media yang berafiliasi dengan negara,” label yang sama terhadap saluran propaganda di China, Rusia dan negara-negara otoriter lainnya.

Twitter kemudian merevisi label itu menjadi “media yang didanai pemerintah.”

Tetapi NPR mengatakan label itu juga menyesatkan karena NPR adalah perusahaan swasta nirlaba yang memiliki independensi editorial; dan hanya menerima kurang satu persen dari US$300 juta anggaran tahunannya dari Corporation for Public Broadcasting, yang didanai pemerintah federal.

Kepala Eksekutif NPR John Lansing mengatakan dengan tidak memasang laporan berita di Twitter, jaringan itu melindungi kredibilitasnya dan akan terus memproduksi jurnalisme tanpa “bayangan negatif.”

Dalam email kepada staf yang menjelaskan keputusan itu, Lansing menulis “hal ini akan merugikan pekerjaan serius yang Anda semua lakukan di sini, untuk terus membagikannya di platform yang menghubungkan piagam federal untuk media publik itu dengan mengabaikan standar dan independensi editorial.”

Ia mengatakan meskipun Twitter menghapus deskripsi NPR pun, jaringan itu tidak akan segera kembali ke platform tersebut. “Di titik ini saya kehilangan kepercayaan pada pengambilan keputusan di Twitter,” ujar Lansing dalam sebuah artikel yang dipasang oleh NPR. “Saya perlu waktu untuk memahami apakah Twitter dapat dipercaya lagi.”

Label Serupa pada VOA dan BBC

Twitter juga memberikan label yang sama pada Voice of America, kantor media independen yang didanai pemerintah Amerika; dan BBC Inggris. Seperti juga NPR, Twitter melabel VOA dan BBC sebagai “media yang didanai pemerintah,” deskripsi yang lebih umum digunakan untuk menggambarkan saluran propaganda yang dikontrol oleh pemerintah.

VOA masih menggunakan Twitter, dengan mengatakan label terhadap media berita itu memberikan kesan seakan VOA tidak independen.

Direktur Hubungan Masyarakat VOA Bridget Serchak mengatakan “pelabelan didanai oleh pemerintah itu berpotensi menyesatkan, dan dapat ditafsirkan sebagai “dikendalikan oleh pemerintah. Yang pasti tidak demikian dengan VOA.”

“Firewall editorial kami, yang ditegaskan dalam undang-undang, melarang campur tangan apapun dari pejabat pemerintah di tingkat mana pun, dalam liputan berita dan proses pengambilan keputusan editorialnya,” ujar Serchak lewat email.

“VOA akan terus menekankan perbedaan ini dalam diskusi kami dengan Twitter karena label baru di jaringan kami ini menimbulkan kekhawatiran yang tidak beralasan dan tidak dapat dibenarkan, tentang akurasi dan obyektifitas liputan kami,” tambahnya.

VOA didanai oleh pemerintah Amerika dan merupakan bagian dari Badan Media Global USAGM, tetapi independensi editorialnya dilindungi oleh peraturan dan firewall.

BBC mengatakan pihaknya “adalah dan selalu independen.”

Para pendukung kebebasan pers juga keberatan dengan pelabelan Twitter terhadap NPR, VOA dan BBC. “Kebingungan antara media yang melayani kepentingan umum dan media propaganda sangat berbahaya, dan merupakan bukti lebih jauh bahwa platform media sosial itu tidak kompeten untuk mengidentifikasi apa itu jurnalisme dan bukan jurnalisme,” ujar Vincent Berthier, Kepala Divisi Teknologi di Reporters Without Borders dalam sebuah pernyataan. Red dari berbagai sumber

 

 

Jakarta -- Senat Kanada pada Kamis 27 April menyetujui undang-undang pemerintah tentang penyiaran online setelah 10 bulan perdebatan mengenai undang-undang yang akan memaksa perusahaan seperti Netflix dan YouTube untuk menawarkan konten Kanada yang lebih banyak.

Bill C-11, atau Online Streaming Act, disetujui oleh kamar atas yang tidak dipilih dari parlemen Kanada dengan 52 suara mendukung, 16 menolak, dan satu abstain. Dengan persetujuan Senat, undang-undang hanya membutuhkan persetujuan kerajaan dari gubernur jenderal untuk menjadi undang-undang.

Undang-undang ini bertujuan untuk mengatur seperti Spotify, Disney+, dan platform streaming online lainnya di bawah pengawasan regulator penyiaran CRTC, dan memaksa mereka mematuhi persyaratan konten Kanada yang berlaku untuk saluran TV dan Radio.

Undang-undang ini diusulkan oleh pemerintahan Perdana Menteri Justin Trudeau pada tahun lalu, dan disetujui di kamar bawah parlemen pada Juni dengan dukungan dari partai oposisi New Democrats dan Bloc Quebecois.

Pemerintah mengatakan undang-undang ini akan memastikan bahwa layanan streaming online mempromosikan musik dan cerita Kanada serta mendukung lapangan kerja di Kanada.

Sementara itu, para penentang, termasuk Partai Konservatif oposisi utama Kanada, telah mengkritik undang-undang ini sebagai tindakan yang berlebihan yang akan memengaruhi kebebasan berekspresi dan pilihan di internet.

YouTube mengatakan bahwa mereka tidak menentang undang-undang secara keseluruhan, tetapi memiliki kekhawatiran tentang dampaknya terhadap konten yang dibuat oleh pengguna. Platform video tersebut mengatakan bahwa undang-undang tersebut akan memaksa mereka untuk merekomendasikan konten Kanada di halaman utamanya, bukan video yang disesuaikan dengan minat khusus pengguna.

Menteri Kebudayaan Kanada, Pablo Rodriguez, yang memperkenalkan undang-undang pada Februari 2022, mengatakan bahwa perubahan ini ditujukan untuk program komersial yang disiarkan online dan tidak akan berlaku untuk pencipta konten individual.

Setelah menjadi undang-undang, CRTC akan mengembangkan dan mengimplementasikan regulasi untuk layanan penyiaran tradisional dan online. Red dari berbagai sumber

 

 

Jakarta – Menghadapi tantangan berat di negara-negara Barat, TikTok kini juga mengalami serupa di Asia Tenggara. Vietnam menjadi negara pertama di kawasan ini yang akan menyelidiki operasi TikTok pada Mei mendatang.

Penyelidikan didasarkan pada konten-konten yang dinilai pemerintah Vietnam sebagai "beracun" sehingga "menimbulkan ancaman bagi kaum muda, budaya, dan tradisi negara".

Hal itu disampaikan Kepala Otoritas Penyiaran dan Informasi Elektronik Vietnam, Kementerian Informasi Le Quang Tu Do dalam jumpa pers pada Kamis (6 April 2023) dikutip dari Reuters. Menurut dia, memoderasi konten aplikasi populer video-bit "jauh lebih sulit" dibandingkan dengan platform lain.

"Penghapusan saja tidak cukup," kata Le Quang. Ia mengatakan, perlu langkah yang lebih keras lagi untuk memerangi konten-konten bermasalah seperti itu. Sayangnya, ia tak merinci konten-konten dan langkah-langkah yang akan diambil oleh pemerintah.

TikTok, aplikasi video pendek milik Bytedance China, memiliki hampir 50 juta pengguna berusia 18 tahun ke atas di Vietnam, menurut data perusahaan riset DataReportal yang dikutip kementerian.

Pada kuartal keempat 2022, perusahaan mengatakan telah menghapus 1,7 juta video yang dianggap bermasalah atas permintaan pemerintah Vietnam.

Menurut Le Quang, bagi siapa saja yang tidak mematuhi aturan lokal, tidak akan diterima. Demikian jawaban dirinya ketika ditanya apakah TikTok akan dilarang di negaranya.

"TikTok, Facebook, dan YouTube semuanya adalah media sosial lintas negara dengan standar internasional. Tetapi, ketika beroperasi di Vietnam, platform tersebut harus mematuhi peraturan lokal tentang kewajiban konten dan pajak," kata Le Quang yang menyebut TikTok baru-baru ini mengizinkan konten-konten yang bersifat "beracun, ofensif, palsu, dan takhayul" di platformnya.

TikTok adalah satu-satunya platform yang diselidiki karena merupakan satu-satunya yang memiliki kantor lokal, kata kementerian itu.

Februari lalu, perusahaan mengatakan, Otoritas Penyiaran dan Informasi Elektronik Vietnam akan melakukan sidak ke kantor perwakilan. "Ini adalah kegiatan inspeksi interdisipliner yang direncanakan oleh pemerintah dan sejalan dengan undang-undang Vietnam untuk perusahaan yang beroperasi di Vietnam, tidak hanya TikTok," kata TikTok Vietnam melalui email.

Terbaru, TikTok Vietnam juga mengatakan telah memperbarui pedomannya yang mulai berlaku mulai 21 April—pendek kata, platform akan lebih transparan tentang peraturan dan bagaimana penerapannya. Red dari berbagai sumber

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.