- Detail
- Ditulis oleh RG
- Dilihat: 2700
Jakarta -- Perusahaan Walt Disney melaporkan pendapatan fiskal kuartal kedua pada hari Rabu, dengan perusahaan sebagian besar mengalahkan ekspektasi Wall Street pada sebagian besar metrik utama, termasuk pendapatan.
Seperti halnya setiap perusahaan hiburan besar, profitabilitas streaming (atau kekurangannya) adalah salah satu metrik yang paling banyak dipantau. Kerugian dalam bisnis direct-to-consumer Disney terus menurun, turun menjadi $659 juta pada kuartal tersebut, turun dari $1,1 miliar pada kuartal sebelumnya, dan dari puncak $1,5 miliar dari laporan pendapatan akhir Bob Chapek sebagai CEO.
Sebagai tanda bagaimana perusahaan berencana untuk menangani ekonomi streaming, CFO Christine McCarthy mengatakan pada panggilan pendapatan bahwa Disney sedang dalam proses meninjau acara dan film di layanannya dan akan “menghapus konten tertentu dari platform streaming.” Nilainya antara $1,5 miliar dan $1,8 miliar untuk konten yang Anda hapus.
McCarthy menambahkan bahwa pada kuartal berikutnya perusahaan mengharapkan untuk meningkatkan kerugian streaming sekitar $100 juta.
CEO Disney Bob Iger menambahkan bahwa perusahaan melihat kenaikan harga dan iklan sebagai peluang pertumbuhan. Iger mengatakan perusahaan mengharapkan untuk menaikkan harga pada tingkat bebas iklannya, sambil menjaga harga tingkat yang didukung iklan “sederhana”, berkat ekonominya yang unggul.
“Kami melihat ada pertumbuhan yang signifikan dalam periklanan digital di masa depan,” kata Iger, menambahkan bahwa perusahaan akan mendorong lebih banyak iklan di Disney+.
Iger mengatakan perusahaan akan membuat penawaran “aplikasi tunggal” untuk Disney+ dan Hulu pada akhir tahun, meskipun layanan tersebut akan tetap terpisah untuk saat ini.
Dalam berita streaming lainnya, jumlah pelanggan Disney+ sedikit menurun menjadi 157,8 juta, turun dari 161,8 juta pada kuartal sebelumnya. Namun, sebagian besar penurunan tersebut adalah untuk Disney+ Hotstar, di mana jumlah voucher Disney+ domestik turun hanya 300.000, yang mengejutkan mengingat kenaikan harga akan dirasakan oleh sebagian besar konsumen pada kuartal terakhir.
Untuk itu, pendapatan rata-rata per pengguna (ARPU) Disney+ naik, naik 20 persen dari tahun ke tahun untuk pengguna domestik, dan 6 persen secara internasional tidak termasuk Hotstar. Pendapatan di divisi penyiaran naik menjadi $5,5 miliar (+12%).
Total pendapatan Disney pada kuartal tersebut adalah $21,8 miliar, naik 10 persen dari tahun sebelumnya, dengan pendapatan operasional segmen sebesar $3,3 miliar, turun 11 persen dari tahun lalu.
Penurunan pendapatan hampir secara eksklusif disebabkan oleh tantangan yang terus berlanjut di lini bisnis televisi. Pendapatan jaringan linier turun 7 persen dari tahun ke tahun menjadi $6,6 miliar, dengan pendapatan operasional di divisi turun 35 persen menjadi $1,8 miliar.
Hak olahraga dan biaya produksi ESPN yang tinggi, bersama dengan penurunan pendapatan afiliasi dan iklan, disalahkan pada kabel, sementara stasiun ABC dan ABC menghasilkan pendapatan iklan yang lebih rendah, melanjutkan tren yang terbukti di seluruh pasar.
Iger mengatakan bahwa rencana perusahaan mengenai ESPN tidak berubah, dan perusahaan akan memindahkan ESPN untuk disiarkan pada waktu yang tepat dan harga telah ditetapkan. “Semua hal itu terhubung,” tambahnya, dari ESPN ke paket kabel ke aliran profitabilitas, dan ada hal-hal tertentu yang perlu dikerjakan sebelum perusahaan dapat bergerak maju.
Di tempat lain dalam streaming, pelanggan Hulu agak datar, dengan tingkat SVOD yang didukung iklan menambah 200.000 pelanggan, dan tingkat TV langsung kehilangan 100.000 pelanggan. ESPN+ menambahkan 400.000 pelanggan. Pengembalian rata-rata per pengguna (ARPU) Hulu sedikit menurun karena pendapatan iklan yang lebih rendah sementara ARPU ESPN+ sedikit meningkat berkat peningkatan pendapatan iklan.
Tentu saja, bisnis taman hiburan Disney terus tumbuh secara eksponensial, dengan pendapatan taman hiburan internasional naik lebih dari 100 persen menjadi $1,2 miliar, berkat berakhirnya pembatasan COVID-19, dan pendapatan taman domestik naik 14 persen menjadi $5,6 miliar.
Penghasilan datang karena Disney dan Iger berupaya memangkas biaya untuk mengejar profitabilitas dalam streaming. Ini termasuk struktur organisasi baru, yang diumumkan kuartal lalu, serta pengurangan sekitar 7.000 pekerjaan. Perusahaan kini telah melakukan dua putaran PHK, dengan total sekitar 4.000 pekerjaan, dan putaran ketiga akan dimulai sebelum musim panas.
Disney melaporkan biaya pesangon $152 juta pada kuartal ini, dan McCathy mengindikasikan bahwa mereka akan naik pada kuartal berikutnya karena semakin banyak PHK yang berlaku. Red dari berbagai sumber