Jakarta – Pemerintah Korea Selatan akan memberikan dukung dana untuk memproduksi konten video online di platform Over The Top (OTT) dalam negeri dan merintis pasar luar negeri.
Kementerian Ilmu Pengetahuan, Tekonologi dan Informasi Tekeomunikasi Korea Selatan bersama Badan Komunikasi Korea (KCA) pada Senin (20/02) mengumumkan proyek dukungan produksi konten untuk tahun ini senilai 18,4 miliar won.
Proyek tersebut bertujuan untuk memperkuat daya saing konten OTT dan siaran dalam negeri, serta mendorong transfer digital dan kecerdasan buatan.
Pihak pemerintah berencana akan menyediakan bantuan untuk konten unggulan melalui konsorsium antara perusahaan OTT dalam negeri dengan badan penyiaran dan produsen konten, mulai dari tahap produksi hingga perintisan pasar luar negeri.
Pemerintah akan memberikan dukungan untuk kehadiran konten Korea Selatan di pasar konten global.
Dukungan pemerintah untuk bidang konvergensi teknologi baru dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), seperti kecerdasan buatan dan realitas tambahan, dalam pemroduksian konten telah mencapai empat miliar won, naik 1,4 miliar won dibandingkan setahun sebelumnya. Red dari berbagai sumber
Kairo -- Mesir mempunyai sosok perempuan era modern yang tangguh dan telah mengangkat posisi perempuan terutama di dunia media penyiaran. Ia adalah Hajar Sa'deddin seorang perempuan pertama di Mesir yang menjabat sebagai kepala Radio Quran Mesir. Ia menjabat posisi itu selama tujuh bulan.
Seperti dilansir Iqna.ir pada Jumat (17/2/2023), Hajar adalah lulusan Universitas Islam Al Azhar, Hajar diangkat sebagai kepala Radio Quran Mesir pada 1997 setelah Abdul Samad al-Dasoughi pensiun sebagai direktur radio. Sebelumnya, ia membuat program bertajuk Agama dan Kehidupan, yang menampilkan interpretasi ayat-ayat Alquran dari sudut pandang agama dan sains.
Dia juga menjabat sebagai wakil kepala stasiun radio. Program tersebut ditayangkan di Radio Quran di bulan suci Ramadhan dan menarik banyak pendengar.
Hajar mengatakan dia bukan wanita pertama yang bekerja sebagai presenter di Radio Quran. Ia menambahkan bahwa sebelum dia, Fatima Taher adalah seorang presenter radio di stasiun radio pada 1979. Sebelumnya, dia mencatat, ada larangan penyiaran suara perempuan di Radio Quran.
Tetapi saat ini, menurtnya ada banyak perempuan yang bekerja di radio dalam berbagai kapasitas. Merujuk pada sejarah Radio Quran, Hajar mengatakan Radio Quran itu didirikan pada Maret 1964 atas perintah presiden Mesir saat itu Gamal Abdel Nasser.
Bacaan Alquran pertama yang disiarkan di radio telah dikumpulkan oleh Syekh al-Husari. Ia menambahkan master seperti Abdul Basit Abdul Samad dan Mahmoud Ali al Bana kemudian melanjutkan jalannya.
Hajar dinobatkan sebagai duta perdamaian PBB pada 1996 atas perannya dalam mengangkat posisi perempuan di dunia Arab. Red dari berbagai sumber
Jakarta -- Pasar makanan cepat saji di tahun 2019 senilai US$647,7 miliar, menurut data Allied Market Research. Diperkirakan, jumlahnya akan melesat pada 2027 hingga mencapai U$931,7 miliar.
Alasan orang-orang mengonsumsinya, selain cepat disajikan, namun juga rasa yang tidak bisa dilupakan. Science ABC mengungkapkan, makanan cepat saji mengandung daftar bahan terbaik yang membuatnya terasa enak. Itu termasuk gula, kalori, lemak trans, dan lemak jenuh, tetapi tidak banyak vitamin, mineral, atau serat.
Makanan ini melepaskan neurotransmiter dopamin dan oksitosin, yang memicu relaksasi, kesenangan, dan kenikmatan. Sehingga, makanan ini bisa disebut sebagai “makanan yang menenangkan”.
Namun, lebih dari satu dekade silam, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan, tindakan global untuk mengurangi dampak pemasaran makanan tinggi gula, garam, atau lemak jenuh pada anak-anak.
Dilansir dari Stop Marketing to Kids Coalition, terdapat satu kota dan enam negara yang mengambil tindakan melawan pemasaran makanan berbahaya itu;
1. Quebec , Kanada (1980-an)
Sejak awal 1980-an, Quebec berusaha melindungi anak-anak dari iklan. Berdasarkan undang-undang Quebec, perusahaan tidak diizinkan untuk mengiklankan kepada anak-anak di bawah usia 13 tahun.
Pembatasan iklan Quebec untuk anak-anak telah terbukti berdampak positif pada nutrisi dengan mengurangi konsumsi makanan cepat saji di Quebec sebesar 13%. Ini berarti 16,8 juta lebih sedikit makanan cepat saji yang dijual di provinsi tersebut, dan diperkirakan 13,4 juta lebih sedikit kalori makanan cepat saji yang dikonsumsi per tahun.
Quebec juga memiliki tingkat obesitas terendah di antara anak usia 5-17 tahun serta tingkat konsumsi sayur dan buah tertinggi di Kanada.
2. Norwegia (1922)
Berdasarkan Undang-Undang Penyiaran No 127 tahun 1992 (Bab 3.1), Norwegia melarang pemasaran yang ditujukan kepada anak-anak di bawah 18 tahun dan iklan sehubungan dengan program anak-anak di TV, radio, dan teleteks.
Larangan tersebut mencakup produk apa pun, termasuk makanan dan minuman, tetapi hanya berlaku untuk media penyiaran yang berasal dari Norwegia.
Peraturan Penyiaran No 153 Tahun 1997 (Bagian 3.6) memberikan panduan tentang cara menentukan apakah iklan ditujukan untuk anak-anak di bawah 18 tahun: apakah produk atau layanan yang diiklankan memiliki minat khusus untuk anak-anak; jika animasi atau bentuk presentasi lainnya digunakan yang sangat menarik bagi anak-anak; waktu penayangan iklan; dan apakah anak-anak di bawah usia 13 tahun muncul dalam iklan tersebut.
Penggunaan orang atau tokoh yang berperan penting dalam program radio dan TV untuk anak-anak dan dewasa muda yang diterima di Norwegia dalam 12 bulan sebelumnya tidak boleh digunakan untuk iklan komersial.
3. Iran (2004)
Iklan siaran minuman ringan telah dilarang di Iran sejak 2004. Pada 2014, dalam konteks Rencana Pembangunan Lima Tahun Kelima (2011–15), Kementerian Kesehatan dan Pendidikan Kedokteran menyiapkan daftar 24 makanan barang-barang yang dilarang untuk diiklankan di semua media.
Daftar tersebut telah dikirim ke Kementerian Perdagangan, Industri, dan Keuangan Iran untuk disetujui.
4. Britania Raya (2007)
Kode Iklan Siaran Inggris (Kode BCAP) 2010, menggantikan pembatasan penjadwalan 2007, melarang iklan dan penempatan produk makanan tinggi lemak, gula, dan garam, seperti yang didefinisikan oleh model profil nutrisi yang diterbitkan oleh Food Standards Agency pada bulan Desember 2005, selama dan berdekatan dengan program TV dan radio dengan daya tarik khusus bagi pemirsa di bawah usia 16 tahun (termasuk sponsor program TV).
5. Chili (2012)
Pada tahun 2012, pemerintah Chili menyetujui Undang-Undang Komposisi Gizi Makanan dan Periklanan (Ley 20.606). Pada bulan Juni 2015, otoritas Chili menyetujui norma-norma peraturan yang diperlukan untuk pelaksanaan undang-undang tersebut (Diario Oficial No 41.193).
Aturan tersebut mulai berlaku pada 27 Juni 2016. Norma peraturan menetapkan batasan untuk kandungan kalori, lemak jenuh, gula, dan natrium yang dianggap “tinggi” dalam makanan dan minuman. Undang-undang melarang iklan yang ditujukan kepada anak-anak di bawah usia 14 tahun untuk makanan dalam kategori “tinggi”.
Norma peraturan mendefinisikan iklan yang ditargetkan untuk anak-anak sebagai program TV atau situs web yang ditujukan untuk anak-anak atau dengan pemirsa lebih dari 20% anak-anak, atau dalam jeda iklan sebelum, selama, atau setelah acara tersebut, dan sesuai dengan rancangan iklan.
6. Meksiko (2014)
Pada Februari 2014, Kementerian Kesehatan Meksiko mengeluarkan Perintah yang membatasi iklan makanan dan minuman manis, yang ditentukan menurut model profil nutrisi.
Pembatasan berlaku untuk program TV yang diklasifikasikan sebagai “A” pada pukul 02.30–19.30 pada hari kerja dan pukul 07.00–19.30 pada akhir pekan, di mana lebih dari 35% penonton berusia di bawah 13 tahun. Iklan untuk makanan ini juga dibatasi dalam film-film yang diklasifikasikan sebagai “A”.
Implementasi dimulai pada 15 Juli 2014 untuk minuman berpemanis, keripik kentang, cokelat, dan penganan dan diharapkan dapat diperluas ke makanan lain yang tercakup dalam model profil nutrisi pada Januari 2015.
7. Irlandia (2013)
Di Irlandia, iklan, sponsor, teleshopping, dan penempatan produk makanan tinggi lemak, gula, dan garam, sebagaimana ditentukan oleh model profil nutrisi, dilarang selama program TV dan radio anak-anak di mana lebih dari 50% pemirsanya berusia di bawah 18 tahun (Kode Komunikasi Komersial Anak, revisi 2013).
Selain itu, ada batasan keseluruhan untuk mengiklankan makanan tinggi lemak, gula, dan garam setiap saat sepanjang hari hingga tidak lebih dari 25% dari waktu iklan yang terjual dan hanya satu dari empat iklan.
Iklan yang tersisa yang ditargetkan untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun tidak boleh menyertakan klaim nutrisi atau kesehatan atau menyertakan karakter berlisensi.
Selain melarang iklan, Quebec, Portugal, Vietnam, dan wilayah tertentu di Jerman melarang semua pemasaran di sekolah. Beberapa negara bahkan mengatur penjualan produk makanan di kampus, yang merupakan salah satu cara utama perusahaan memasarkan produknya ke anak-anak. Red dari berbagai sumber
Jakarta -- Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi, di hari Senin lalu menyapa seluruh pendengar radio terkait dengan peringatan Hari Radio Sedunia atau World Radio Day yang diperingati setiap tanggal 13 Februari setiap tahunnya. Hari Radio Sedunia ditetapkan pada tahun 2011 oleh UNESCO untuk memperingati media penyiaran tertua tersebut. Adapun tema “World Radio Day” tahun ini adalah "Radio dan Perdamaian."
Dalam tweetednya Modi mengatakan, "Pada acara khusus Hari Radio Sedunia, salam untuk semua pendengar radio, RJ, dan semua orang lain yang terkait dengan ekosistem penyiaran," Melalui pemrograman imajinatif dan tampilan kreativitas manusia, semoga radio terus mencerahkan hidup."
Selain itu, Perdana Menteri meminta umpan balik untuk siaran 26 Februari mendatang dari acara bulanannya "Mann ki Baat."
Radio, salah satu bentuk komunikasi yang paling mudah diakses dan digunakan secara luas, mendahului televisi, surat kabar, perangkat seluler, dan internet.
Hari Radio Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 13 Februari untuk menghormati pentingnya radio.
Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan bahwa radio adalah media yang populer dan berbiaya rendah yang dapat menjangkau daerah yang paling tertinggal dan terpencil. Untuk komunikasi darurat atau setelah bencana alam, tetap disiarkan ketika media lain tidak tersedia.
Last but not least, ini adalah media yang telah berhasil beradaptasi dengan perangkat seluler dan kemajuan teknologi seperti broadband dan digital audio broadcasting (DAB).
India telah memiliki siaran radio sejak awal 1920-an. Pada Juli 1923, Klub Radio Mumbai menyiarkan program radio pertama di bawah pemerintahan Inggris. Calcutta Radio Club juga mulai mengudara empat bulan kemudian.
Salah satu penyiar radio terbesar di dunia, AIR memiliki lebih dari 415 stasiun radio yang mengudara dalam sekitar 23 bahasa dan 146 dialek. Ini juga memiliki 18 saluran FM dan mencakup 99 persen populasi. Red dari berbagai sumber
Mumbai - India telah memblokir penayangan film dokumenter BBC yang mempertanyakan kepemimpinan PM Narendra Modi selama kerusuhan Gujarat 2002, dan memperingatkan bahwa berbagi klip apa pun melalui media sosial dilarang.
Arahan untuk memblokir klip agar tidak dibagikan telah dikeluarkan menggunakan kekuatan darurat yang tersedia untuk pemerintah di bawah aturan teknologi informasi negara itu, kata Kanchan Gupta, penasihat pemerintah, di akun Twitter-nya.
Meskipun film dokumenter BBC tersebut belum ditayangkan di India, klip videonya sudah bisa diunggah di beberapa saluran YouTube, kata Gupta.
New Delhi telah mengeluarkan perintah kepada Twitter untuk memblokir lebih dari 50 cuitan yang terhubung ke video dokumenter tersebut dan YouTube telah diperintahkan untuk memblokir setiap unggahan video tersebut, tambahnya.
Narendra Modi menjabat sebagai menteri utama negara bagian barat Gujarat ketika wilayah itu dilanda kerusuhan komunal yang menewaskan lebih dari 1.000 orang, menurut perhitungan pemerintah - kebanyakan dari mereka adalah Muslim.
Kekerasan meletus setelah kereta yang membawa peziarah Hindu terbakar, menewaskan 59 orang.
Aktivis hak asasi manusia memperkirakan setidaknya dua kali lipat dari jumlah itu yang tewas dalam kerusuhan tersebut, tetapi Narendra Modi membantah tuduhan bahwa dia gagal menghentikan kerusuhan tersebut.
Sebuah tim investigasi khusus yang ditunjuk oleh Mahkamah Agung India untuk menyelidiki peran Narendra Modi dan lainnya dalam kekerasan tersebut mengatakan dalam laporan setebal 541 halaman pada tahun 2012, mereka tidak dapat menemukan bukti untuk menuntut menteri utama saat itu.
Narendra Modi kemudian ditunjuk sebagai ketua partainya, Partai Bharatiya Janata nasionalis Hindu, yang dipimpinnya untuk berkuasa dalam pemilihan umum pada 2014 dan kemudian pada 2019.
Pekan lalu, seorang juru bicara kementerian luar negeri India menyebut film dokumenter BBC sebagai "karya propaganda" yang dimaksudkan untuk mendorong "narasi yang didiskreditkan". Red dari berbagai sumber
Saya..........,selaku penggiat budaya sekaligus anggitasalah satu Grup keris Online di Jakarta, ingin melaporkan bahwa Film berjudul "Pesugihan Bersekutu dengan Iblis" yang mulai tayang di jaringan bioskop sejak 23 Februari 2023 menampilkan isi film yang bisa MENGGERUS
Budaya Nasional secara langsung maupun tidak langsung, dengan cara:
- MENGERDILKAN salah satu budaya luhur Nasional yang sudah diakui dunia, yaitu keris (dengan mengeksploitasi aspek mistis pada keris dan bersifat menyesatkan publik).
- MELUNTURKAN apresiasi publik terhadap keris.
- MENYELEWENGKAN fungsi utama dari keris sebagai bagian dari Budaya bangsa yg mempunyai nilai budi luhur yang tinggi malah menjadi suatu Objek yg dianggap buruk di mata umum secara fungsi.
Maka dari itu, mohon untuk :
- Segera ditarik dari peredaran, jika memungkinkan.
- Jika tidak memungkinkan untuk ditarik mohon ada tindakan tegas untuk sensor pada bagian keris sejak warangka sampai kedalam bilah, baik itu di dalam film maupun dalam poster
- Tidak meloloskan film yang berkonten demikian untuk tontonan publik di masa depan, DEMI KEBAIKAN INDONESIA.
Jika tidak tertangani, maka selain berakibat semakin beratnya tugas para pelestari keris, film-film sejenis juga menjadi sarana MENYEBARKAN DAN MENYUBURKAN BENIH-
BENIH RADIKALISASI dalam bentuk ajakan halus untuk menjauhi Budaya Nusantara dengan memelintir dan menyajikan CITRA NEGATIF atas Budaya Nusantara
Pojok Apresiasi
Prawira Hendrik
Apa itu SpongeBob jadi politik
Apa-apaan itu?
Ah TAILAH!