Jakarta -- BBC telah mengeluarkan permintaan maaf atas "komentar tidak pantas" yang terdengar selama siaran D-Day.

Awal pekan ini, lembaga penyiaran tersebut menandai 80 tahun sejak Pendaratan Normandia selama Perang Dunia II, dengan program D-Day 80: Tribute to the Fallen yang ditayangkan pada Rabu malam (5 Juni).

Selama momen siaran, presenter Kirsty Young memperkenalkan band militer di Pemakaman Makam Perang Persemakmuran Bayeux di Bayeux, memberi tahu pemirsa bahwa komentar akan diberikan oleh Petroc Trelawny.

Namun, saat kamera tetap berada di studio pada saat yang canggung, terdengar suara di latar belakang yang berkata: "Bajingan Prancis."

BBC kemudian meminta maaf dan mengungkapkan bahwa program tersebut untuk sementara dihentikan dari BBC iPlayer untuk mengedit momen tersebut. Sejak itu telah dipulihkan ke layanan streaming.

“Kami dengan tulus meminta maaf atas komentar tidak pantas yang terekam selama liputan langsung acara D-Day di 80 di Bayeux,” kata mereka dalam sebuah pernyataan sebelum program kembali ke iPlayer (melalui Metro).

"Program ini sedang diedit dan untuk sementara tidak tersedia di BBC iPlayer."

Ini bukan satu-satunya permintaan maaf yang harus dikeluarkan BBC sehubungan dengan liputan D-Day dalam beberapa hari terakhir, dan lembaga penyiaran tersebut menanggapinya setelah ketidakakuratan disiarkan selama acara Antiques Roadshow: D-Day spesial.

Dalam peta yang menunjukkan perjalanan pasukan D-Day dalam program tersebut, kota pantai selatan Weymouth salah ditandai, dengan gambar yang tampak membingungkan dengan Poole yang berjarak 30 mil.

"Rekaan grafis dari peta masa perang salah menempatkan kota Weymouth. Ini telah diperbaiki untuk siaran di masa depan," kata juru bicara BBC setelah adanya keluhan. Red dari berbagai sumber

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.