Teheran - Penyedia satelit GlobeCast menolak permintaan Eutelsat penyedia satelit Eropa untuk menghentikan penyiaran saluran Iran, alasannya permintaan tersebut tanpa pertimbangan hukum yang tepat.

Pada hari senin, 25 Februari 2013, GlobeCast menyampaikan ke Republik Islam Iran Broadcasting terkait dua surat Eutelsat  di mana penyedia satelit Uni Eropa memberikan sanksi sepihak terhadap Iran dan meminta GlobeCast menarik steker pada saluran Hispan TV, Tekan TV, IRINN dan jaringan berita Al Alam edisi bahasa Arab.

Secara tertulis Eutelsat menyampaikan kepada GlobeCast bahwa permintaan tidak membutuhkan dasar hukum yang diperlukan oleh karena itu tidak membutuhkan pertimbangan atas permintaan Eutelsat .

Selain itu Eutelsat memaksa penyedia satelit BHS  untuk mengambil Al Alam yaitu jaringan berita off air Iran  dari platform AB7 pada Rabu pukul 20.00. Penyedia satelit BHS mengatakan hal itu , namun tidak memiliki cara untuk menentangnya.

Berita ini muncul beberapa hari setelah Eutelsat memerintahkan  Jaringan Telekomunikasi Satelit al-Alam mengakhiri siarannya atau menghadapi konsekuensi.

Beberapa bulan terakhir, Michel De Rosen CEO Eutelsat Israel-Perancis meningkatkan kampanyenya membatasi penyedia satelit di Eropa dan Asia untuk membungkam media Iran, Kampanye tersebut mengungkap wajah sejati Barat yang selalu mengajarkan hormat terhadap hak asasi manusia dan kebebasan berbicara,kenyataannya malah sebaliknya.

Sebelumnya tanggal 20 Februari, para penyedia satelit Gulfsat Arab melarang saluran Iran  iFilm dan Al-Kawthar untuk siaran. Red

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.