Bontang - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana menggelar Sosialisasi Menuju Media yang Ramah Anak Untuk Mewujudkan Bontang Kota Layak Anak. Kegiatan tersebut mengundang seluruh media massa yang ada di kota Bontang, baik cetak, elektronik, maupun Online. Senin (18/3/2019) pagi.

Sosialisasi yang bertempat di Auditorium Taman 3D, Jalan Awang Long Nomer 1 Kota Bontang tersebut menghadirkan 3 narasumber yang berasal dari, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Kalimantan Timur (KPID Kaltim), Kementrian Perberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Dewan PERS.

Perwakilan KPID Kaltim, Yovanda Noni yang memberikan materi di awal sosialisasi, mengajak insan media untuk memberikan konten yang positif dan lokal untuk membetikan anak anak berita yang lebih bermutu. Dan kita semua sebagai insan pers kota Bontang dapat mendorong kota Bontang menjadi kota ramah anak.

"Sekiranya ada media yang menyiarkan sesuatu yang tidak membangun maka langsung di stop. Anak cenderung meniru apa yang mereka tonton, media harus melindungi hak mereka untuk mendapatkan informasi yang layak. Karena tontonan yang layak akan berdampak positif pada prilaku dan pola pikir anak," ungkapnya.

Kepala Bidang Partisipasi Media Elektronik dan Media Sosial Deputi Bidang  Partisipasi Masyarakat Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Supriadi, dalam materinya tentang pers ramah anak mengatakan bahwa dirinya sangat bergembira dengan adanya kegiatan ini, karena merupakan bukti nyata bahwa kota bontang ingin mengajak media yang ada menjadi media yang ramah anak. Yang tujuan akhirnya adalah untuk mewujudkan kota bontang sebagai kota layak anak, yang mana memiliki sistem pembangunan yang arahnya berbasis pada hak anak.

"Perencanaan yang mengintegrasikan antara komitmen dan sumber daya yang dimiliki pemerintah maupun masyarakat. Di dalamnya antara lain ada organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan, termasuk di dalamnya adalah media. Nah semua itu harus bersinergi untuk dapat mewujudkan kota ramah anak, karena kita ketahui bawasannya teman teman media dalam rangka menyampaikan informasi kepada masyarakat agar dapat lebih mengetahui informasi tersebut dan menjadi lebih cerdas," jelasnya.

Sementara itu Wakil Ketua Dewan PERS Ahmad Djauhar, menjelaskan tentang bagaimana cara mencipatakan produk liputan ramah anak. Dia mengatakan media harus bisa memberikan contoh yang baik agar mendapatkan trust atau kepercayaan dari masyarakat, kalaupun misalnya harus menyampaikan berita tentang kriminal sebaiknya berusaha meminimalkan dampak yang diterima oleh korban dan keluraga korban.

"Intinya kita memiliki tanggung jawab sosial, tanggung jawab moral, apabila ada kejadian seperti itu kita harus bisa membatasi dan meminimalisir dampak negative yang di sebabkan oleh berita tersebut," terangnya. Red dari suaraindonesia.com

 

Narasumber sedang memberi presentasi di Seminar dan diskusi Literasi Media dengan mengusung tema “Dari Masyarakat Untuk Bangsa” di Kota Serang, Banten, Senin (18/3/2019) diikuti ratusan peserta dari berbagai kalangan.

Serang - Setiap hari masyarakat diterpa berbagai informasi yang berasal dari berbagai media termasuk televisi dan radio. Informasi yang diterima masyarakat seharusnya tidak langsung diterima begitu saja, namun terlebih dahulu dipahami dengan jelas dan disikapi ketika merespon informasi tersebut. Dan, untuk mencapai sikap itu dibutuhkan pengetahuan dan pemahaman tentang literasi media.

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Yuliandre Darwis, mengatakan program literasi media tidak dapat berjalan dengan baik tanpa peran aktif masyarakat baik itu individu maupun kelompok serta komunitas yang ada di masyarakat. 

“Melalui kegiatan Literasi Media, masyarakat tidak hanya mengetahui dan membantu mensosialisasikan tentang tugas pokok dan fungsi KPI, namun juga memahami informasi media dengan baik dan benar,” katanya saat membuka seminar dan diskusi Literasi Media dengan mengusung tema “Dari Masyarakat Untuk Bangsa” di Kota Serang, Banten, Senin (18/3/2019) dan diikuti ratusan peserta dari berbagai kalangan. 

Menurut Andre, sikap aktif masyarakat terhadap informasi media sangat penting agar masyarakat dapat memahami informasi yang benar, menyerap informasi yang penting buat mereka dan mengetahui mana informasi hoax serta memahami informasi yang tidak penting buat publik. 

Sementara itu, Anggota Komisi I DPR RI, H. Jazuli Juwaini, mengatakan bahwa kegiatan Literasi Media ini menjadi bukti keseriusan KPI dalam meliterasi publik. Di tengah kecepatan informasi yang beredar di masyarakat, publik harus memiliki kemampuan filter terhadap informasi media. “Jadilah pembawa berita yang memberi kemaslahatan umat bangsa dan Negara,” ujarnya. 

Komisioner KPI Pusat bidang Kelembagaan, Ubaidillah, menambahkan meskipun kewenangan yang dimiliki KPI terbatas, namun pihaknya tetap konsisten memperjuangkan kepentingan masyarakat dalam bidang penyiaran. Untuk itu dibutuhkan sinergi KPI dengan masyarakat untuk mewujudkan siaran yang baik dan berkualitas. 

Kegiatan literasi ini menjadi salah satu langkah untuk menguatkan sinergi tersebut. Sebab fungsi pengawasan yang menjadi tugas KPI harus dikuatkan dengan pengawasan yang dilakukan masyarakat. “Karena itulah penting bagi masyarakat memiliki kesadaran bermedia serta memahami informasi media agar dapat menjalankan perannya dengan baik bersama dengan KPI,” katanya. 

Guru Besar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Prof. Ahmad Sihabudin, menilai informasi media dapat mempengaruhi karakter masyarakat. Itulah pentingnya literasi. Literasi tidak hanya diperuntukan bagi masyarakat tapi literasi terhadap media yang menyebarkan informasi seharusnya juga dilakukan literasi.

“Oleh karena itulah penguatan KPI perlu dilakukan seperti KPK. KPI jangan sampai dicuekin dan tak berdaya. Selain itu, kegiatan literasi media seharusnya dikonsepkan secara baik. Karena literasi ini sudah menjadi kebutuhan seharusnya literasi media tidak sebatas dilakukan melalui seminar melainkan juga literasi media seharusnya dimasukan dalam kurikulum pendidikan kita,” jelas Sihabudin,

Dalam kesempatan itu, Ketua Ketua KPID Provinsi Banten, Ade Bujaerimi, yang menjadi moderator acara literasi menegaskan hal yang sama tentang pentingnya literasi agar masyarakat tidak menerima dengan mudah informasi yang datang ke mereka. Tim liputan literasi media KPI

 

 

Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu melakukan kunjungan kerja ke Kantor KPI Pusat dalam rangka konsultasi masalah rekrutmen Anggota KPID baru, Kamis (14/3/2019). Kunjungan tersebut diterima langsung Wakil Ketua KPI Pusat, Sujarwanto Rahmat Arifin.  

Di awal pertemuan, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Sri Rejeki, menyampaikan rencana pihaknya melakukan proses rekrutmen Anggota KPID Bengkulu periode 2019-2022. “Bagaimana proses yang harus kami lalu dan mekanismenya seperti apa,” katanya ke Wakil Ketua KPI Pusat.

Menjawab pertanyaan tersebut, Rahmat mengatakan kewenangan melakukan pemilihan Anggota KPID berada sepenuhnya di DPRD yakni Komisi I. “DPRD dapat melakukan proses pemilihan dan sebelumnya membentuk tim panitia seleksi. Kewenangan itu ada di tangan DPRD karena bisa juga memberi mandate untuk membentuk panitia seleksi,” jelasnya..

Tim Pansel disarankan terdiri dari berbagai kalangan seperti akademisi, tokoh masyarakat dan lainnya. “Untuk melakukan seleksi, Undang-undang Penyiaran menjadi pedoman. Semua peraturan seleksi harus dapat adil bagi semua calon. Jika ada PNS yang ikut serta harus mendapatkan izin berhenti sementara dan untuk batasan umur sebenarnya tidak ada aturan tapi sebaiknya 35 ke atas agar lebih matang khususnya ketika mengambil keputusan,” kata Rahmat.

Dalam kesempatan itu, Rahmat meminta DPRD untuk memilih Anggota KPID yang bebas atau bersih dari kepentingan media atau lembaga penyiaran. 

Rencananya, DPRD Provinsi Bengkulu akan melakukan proses seleksi dan pemilihan dalam waktu dekat. Pasalnya, kepengurusan KPID Bengkulu yang sekarang sudah akan habis masa baktinya. ***

 

Batam - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kepulauan Riau memperketat pemasangan iklan kampanye Pemilu 2019 di lembaga penyiaran.

Mereka mengingatkan, dalam pemasangan iklan, lembaga penyiaran dilarang memberlakukan 'blocking time' bagi peserta pemilu. 

"Lembaga penyiaran harus mematuhi aturan periode maksimal 10 kali tayang dengan durasi maksimal 30 detik untuk televisi dan 60 detik untuk radio," ujar Wakil Ketua KPID Kepri, Suhermita di Batam, Kepri, Senin (18/3/2019).

Mita menyampaikan lembaga penyiaran juga dilarang menerima sponsor kegiatan dari peserta pemilu, sebagai bentuk lain dari iklan. Selain juga dilarang menerima pesanan iklan yang menggunakan spot pariwara milik partai lain.

Terkait pemberitaan politik di lembaga penyiaran pemerintah, swasta dan berjaringan di Kepri, dia menilai masih positif dan tidak ada yang melanggar aturan mengenai kampanye pemilu.

"Di Kepri kami belum menemukan pelanggaran pemberitaan. Tapi kalau nasional, sudah ada yang dipanggil KPI," kata dia. 

Pemberitaan politik mengenai kampanye pemilu sudah dimulai sejak 23 September 2018. Sejak itu sampai saat ini pihaknya selalu memantau apa saja yang disajikan pelaku media penyiaran.

"Selain pemberitaan, kami juga memantau berbagai produksi media penyiaran, seperti debat publik dan acara bincang-bincang politik," kata dia. 

Dalam masa kampanye terbuka nanti, pihaknya juga meminta agar lembaga penyiaran mematuhi aturan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kampanye terbuka akan dilaksanakan pada tanggal 24 Maret sampai dengan 13 April 2019. 

Setiap lembaga penyiaran yang dipilih oleh KPU merupakan lembaga penyiaran pemerintah, swasta dan berlangganan.

"Sedangkan berupa komunitas tidak diperbolehkan," jelasnya. Red dari batamnews.com

 

Jakarta – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tengah mempersiapkan perubahan terhadap Peraturan Kelembagaan Komisi Penyiaran Indonesia (PKPI) No.1 tahun 2014. Persiapan perubahan aturan tersebut sedang dibahas KPI Pusat dan KPID dalam diskusi kelompok terpumpun atau FGD di Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Ketua KPI Pusat, Yuliandre Darwis, saat memberi sambutan membuka diskusi tersebut mengatakan, perubahan aturan ini sudah selayaknya karena beberapa aturan terkait semislan rekrutmen Komisioner KPI, baik pusat maupun daerah, harus lebih diperjelas. Kemudian permasalahan kode etik Anggota KPI yang belum diatur dalam PKPI sebelumnya.

“Soal etika Komisioner, contoh ada KPID yang baru menjabat kemudian mencalonkan diri di lembaga lain. Terkait hal ini tidak ada petunjuk bagaimana seharusnya. Soal kode etik tidak muncul karena dalam Undang-undang tidak ada mengatur hal itu. Jika ada indikasi pelanggaran barulah dibentuk dewan kehormatan,” kata Andre, panggilan akrabnya.

Menurut Andre, banyak hal dalam Undang-undang Penyiaran yang belum jelas sehingga aturan kelembagaan ini belum sempurna. “KPI itu stratanya sama dengan KPU, tapi disisi lain KPI hanya jadi lembaga administratif. Kemudian soal bagaimana interaksi kita dengan lembaga lain perlu diatur secara clear,” tambahnya. 

Pendapat senada juga disampaikan Komisioner KPI Pusat bidang Kelembagaan sekaligus PIC diskusi, Ubaidillah. Menurutnya, revisi Peraturan Kelembagaan KPI tak hanya menyangkut soal etik dan rekrutmen Anggota KPI. Permasalahan KPID seperti penganggaran dan kesekretariatan menjadi pokok bahasan dalam revisi.”Kita berupaya melakukan penyelamatan terhadap KPID,” tegasnya.

Ubaid pun menegaskan, perubahan aturan ini akan menyisir bagaimana seharusnya pola hubungan antara KPI Pusat dengan KPI Daerah. “Apakah KPID dapat mengeluarkan kebijakan sendiri akan dibahas dalam diskusi ini,” paparnya di depan perwakilan KPID yang hadir.

DIa berharap, pembahasan perubahan tentang peraturan kelembagaan ini dapat dituntaskan secepatnya agar pada saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KPI 2019 yang akan berlangsung di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, awal bulan depan, dapat disahkan. “Harapan kami di forum ini sudah selesai dibahas dan ditetapkan,” kata Ubaid. 

Dalam kesempatan itu, Ubaid mengusulkan soal aturan penyeragaman dana hibah di seluruh KPID. Penyeragaman tersebut termasuk bentuk pelaporan pertanggungjawaban. “Jadi ketika diaudit bentuknya seragam dan tidak membingungkan,” tambahnya. 

Ubaid juga mendorong penetapan lagu Mars KPI masuk dalam aturan kelembagaan sehingga dimana pun dan forum acara KPI apapun wajib dinyayikan. ***

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.