Jakarta – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyampaikan keseriusannya menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tahun 2024 dan peringatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke 91. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Informatika dan Komunikasi NTB Nazarudin Alwi, pada saat kunjungan kerja dan koordinasi ke KPI Pusat, pekan lalu. 

Dalam kesempatan itu, Nazarudin Awi mempresentasikan proposal kesiapan daerahnya jika ditunjuk menjadi tuan rumah Rakornas KPI dan Harsiarnas ke 91 di depan Ketua dan Wakil Ketua serta Anggota KPI Pusat lainnya. Hingga saat ini, dari tiga provinsi yang mengajukan diri menjadi tuan rumah yakni Kalimantan Timur (Kaltim), Sulawesi Utara (Sulut) dan NTB, menyisakan NTB yang masih bersedia. Kaltim dan Sulut menyatakan belum siap menghelat dua agenda besar tersebut.

“Kegiatan ini akan memberikan manfaat dan dampak positif bagi kami. Ini dapat membangun sinergi promosi bersama untuk kemajuan daerah NTB. Dapat memberikan ruang kepada UMKM di NTB. Selain juga menjadi ruang kontribusi pemerintah NTB kepada penyiaran nasional,” yakin Kadis Infokom NTB. 

Sementara itu, penanggungjawab kegiatan Rakornas KPI sekaligus Anggota KPI Pusat I Made Sunarsa, mengatakan pihaknya telah menerima pengajuan dari tiga daerah untuk menjadi tuan rumah Rakornas dan Harsiarnas 2024. Sayangnya, dua daerah menyatakan belum siap menggelar kegiatan tersebut. 

“Kami sudah berkoordinasi ke pemerintah daerahnya dan sepertinya mereka belum siap menyelenggarakan kegiatan ini dalam waktu dekat,” kata Made Sunarsa yang juga Koordinator bidang Kelembagaan KPI Pusat.  

Menurut Made Sunarsa, paparan yang disampaikan Kadis Infokom NTB menjadi bahan pertimbangan pihaknya dalam memutuskan tuan rumah pelaksanaan Rakornas dan Harasiarnas pada tahun ini. 

Di tempat yang sama, Ketua KPI Pusat Ubaidillah mengapresiasi paparan kesiapan Pemprov NTB menjadi tuan rumah Rakornas dan Harsiarnas 2024. Menurutnya, jika terpilih menjadi tuan rumah Rakornas, ini kali keduanya NTB menggelar kegiatan berskala nasional tersebut.

“Saya berharap nanti jika terpilih jadi tuan rumah ada tugu penyiaran dibangunkan di NTB. Kita akan dalami paparan yang disampaikan dan nanti akan diputuskan di pleno,” katanya.

Apresiasi juga disampaikan Anggota KPI Pusat Mimah Susanti. Menurutnya, keinginan dari NTB menjadi tuan rumah  Rakornas dan Harsiarnas dibuktikan dengan konsolidasi yang cepat. “Saya sangat mengapresiasi hal ini,” ujarnya. 

Terkait niat NTB menjadi tuan rumah Rakornas dan Harsiarnas 2024, beberapa waktu lalu, KPI Pusat melalukan pertemuan dengan PJ Gubernur NTB H. Lalu Gita Ariadi. Dalam pertemuan tersebut, PJ Gubenur menyambut baik rencana kegiatan Rakornas dan Harsiarnas di NTB. ***

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.