Jakarta – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menggelar Anugerah KPI 2023 dengan tema “Ecobroadcasting” di Grand Ballroom AYANA Midplaza, Jakarta, Minggu (26/11/2023). Anugerah yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini merupakan ajang apresiasi KPI untuk lembaga penyiaran, pemerintah daerah, KPID dan insan penyiaran yang telah berjasa serta berkontribusi besar pada dunia penyiaran di tanah air. 

Penetapan “Ecobroadcasting” sebagai tema dalam Anugerah KPI 2023, tidak lepas dari upaya KPI mendorong televisi dan radio dalam membangun kesadaran publik mengenai lingkungan. Pencemaran udara, kebakaran lahan dan hutan, problematika sampah, banjir dan longsor harus dihindari. Pesan-pesan kepedulian dan penyadaran akan pentingnya kelestarian lingkungan perlu dimassifkan melalui lembaga penyiaran. 

Ketua KPI Pusat Ubaidillah mengatakan, tema ini diharapkan dapat mendorong kepedulian lembaga penyiaran terhadap isu lingkungan lewat program siaran. Melalui isi siaran di lembaga penyiaran, lanjutnya, pesan-pesan penyadaran dan kepedulian terhadap lingkungan dapat tersampaikan dengan mudah ke masyarakat.

“Diperlukan edukasi dan penjelasan kepada masyarakat luas tentang pentingnya kesadaran soal isu lingkungan. Elemen-elemen dan nilai-nilai kesadaran itu dapat disisipkan melalui isi siaran tersebut,” ujar Ubaidillah dalam jump apers sebelum acara Anugerah KPI 2023 di Mid Plaza, Minggu (26/11/2023). 

Tidak hanya melalui lembaga penyiaran, Ketua KPI Pusat ikut mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk aktif terlibat dalam transformasi ekologi yang inklusif dan berkelanjutan. “Kami berharap semua pihak dan masyarakat terbangun kesadarannya soal pentingnya harmoni lingkungan. Sehingga harapan terciptanya lingkungan yang inklusif dan berkelanjutan bisa terwujud,” kata Ubaidillah.  

Anggota KPI Pusat Tulus Santoso menambahkan, selain menegakkan aturan KPI juga menjalankan amanat UU Penyiaran agar konten siaran yang ditayangkan lembaga penyiaran sesuai aturan main. Selain mengawasi jalan aturan tersebut, KPI memberi apresiasi atau anugerah bagi lembaga penyiaran. 

“Dalam satu tahun kami ada tiga anugerah. Kami harap anugerah ini juga menjadi rekomendasi bagi pemirsa di rumah untuk memilih tayangan yang baik dan layak di tonton dan di dengar. Harapan kami akan makin banyak program yang dibuat yang memenuhi aturan yang berlaku dan berkualitas sehingga publik banyak mendapat pilihan terkait tayangan berkualitas,” ujar Tulus di sela-sela jumpa pers Anugerah KPI 2023. 

 

Anggota KPI Pusat Aliyah mengatakan, seluruh program yang diperlombakan dalam anugerah ini telah melalui penjurian yang selektif. Ada 60 verifikator yang memverifikasi 469 program siaran yang diperlombakan. Ke 469 program siaran itu terdiri 213 program siaran TV dan 256 program siaran radio. “Ini penilaian yang adil,” katanya.

Selain lembaga penyiaran, lanjut Aliyah, KPI juga memberikan penghargaan kepada insan penyiaran yang telah berkontribusi pada dunia penyiaran. “Kami juga memberi apresiasi kepada KPID yang inovatif dan kolaboratif. Selain itu, pemda yang punya keberpihakan terhadap infrastruktur kelembagaan penyiaran dan informasi kami beri apresiasi,” jelas Anggota KPI Pusat bidang Pengawasan Isi Siaran ini.

Adapun latar belakang dewan juri terdiri dari berbagai perwakilan mulai dari Anggota DPR dan MPR RI, Anggota KPI Pusat, Perwakilan Kementerian dan Lembaga, akademisi, praktisi penyiaran, pengamatan media dan masyarakat. “Artinya, secara integral dan komprehensif semua penjurian ini sudah dilibatkan,” tutur Aliyah dalam jump apers tersebut. 

Sementara itu, Dewan Juri Anugerah KPI 2023 Muhammad Ali Yusuf, menyatakan isu lingkungan ini masih belum menjadi fokus utama di beberapa media. Kendati demikian, dia mengapresiasi lembaga penyiaran yang telah memasukan materi lomba terkait isu lingkungan ini. 

“Kami apreiasi kepada lembaga penyiaran karena sudah dengan sudi menyiarkan isu lingkungan. Saya pikir ini menjadi potensi yang luar biasa. Media massa dan media penyiaran menjadi lokomotif bagaimana ke depan isu lingkungan hidup terus disyiarkan dan kemudian menjadi acuan dan rujukan bagi masyarakat dalam upaya melestarikan lingkungan hidup. Kita tahu isu lingkungan hidup pada saat ini sangat penting, tidak hanya di tingkat nasional tapi juga di global,” papar Ali Yusuf.  

Terkait hal itu, Ali mendorong seluruh lembaga penyiaran agar konsisten menyiarakan isu-isu lingkungan yang lebih beragam lagi. Menurutnya, yang terjadi di lapangan, banyak sekali yang perlu ditampilkan ke publik. “Ini menjadi contoh bagi masyarakat agar mereka tertarik dan melalukan hal yang sama untuk melakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Ini luar biasa menurut kami,” pungkasnya.

Pada Anugerah KPI 2023, terdapat 25 kategori anugerah yang diperlombakan yakni : 

1.Kategori Program Talkshow Televisi 2. Kategori Program Talkshow Radio 3. Kategori Program Berita Televisi 4. Kategori Program Berita Radio 5. Kategori Program Variety Show Televisi 6. Kategori Program Variety Show Radio 7. Kategori Program Wisata dan Budaya Televisi 8. Kategori Program Wisata dan Budaya Radio 9. Kategori Program Peduli Perempuan Televisi 10. Kategori Program Peduli Perempuan Radio 11. Kategori Iklan Layanan Masyarakat Peduli Lingkungan TV 12. Kategori Iklan Layanan Masyarakat Peduli Lingkungan Radio 13. Kategori Program Peduli Perbatasan dan Daerah Tertinggal TV 14. Kategori Program Peduli Perbatasan dan Daerah Tertinggal Radio 15. Kategori Program Siaran Drama Seri Televisi 16. Kategori Program Siaran Drama Seri Radio 17. Kategori Program Peduli Disabilitas Televisi 18. Kategori Program Peduli Disabilitas Radio 19. Kategori Program Peduli Lingkungan Televisi 20. Kategori Program Peduli Lingkungan Radio 21. Kategori Radio Komunitas Terbaik 22. Kategori TV Lokal Terbaik 23. Kategori KPI Daerah Inovatif dan Kolaboratif 24. Kategori Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran dan 25. Kategori Lifetime Achievement Award.

Dari 25 kategori yang diperlombakan tersebut, ada 6 kategori baru di Anugerah KPI 2023 antara lain; 

1. kategori Iklan Layanan Masyarakat Peduli Lingkungan, 2. Kategori Iklan Layanan Masyarakat Peduli Lingkungan Radio, 3. Kategori Program Peduli Lingkungan Televisi, 4. Kategori Program Peduli Lingkungan Radio, 5. Kategori TV Lokal Terbaik, dan 6. Kategori KPI Daerah Inovatif dan Kolaboratif.

Adapun pengumuman pemenang Anugerah KPI 2023 akan disampaikan di acara puncak anugerah yang dimulai pukul 19.30 WIB dan disiarkan secara langsung oleh LPP TVRI dan melalui streaming YouTube KPI Pusat. ***/Foto: Agung R

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.