Bandung – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menilai para siswa khususnya pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) berpotensi menjadi agen sosial dalam konteks literasi media. Pelajar SMA memiliki energi lebih banyak sehingga memengaruhi produktifitasnya dan lebih mudah berpikir kreatif.

Pendapat tersebut disampaikan Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo, saat membuka kegiatan Literasi dan Sosialisasi Pengawasan Isi Siaran KPI di Sekolah Kristen Yahya, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (19/11/2022).

“Ini yang menarik, karena anak mudah berpikir kreatif. Harapannya kepada mereka bisa menjadi agen literasi. Literasi ini bagaimana persoalan mengetahui bahwa siaran itu dibuat oleh manusia dan kedua bagaimana kita memiliki sifat kritis,” tambah Mulyo Hadi.

Namun begitu, sikap kritis dan cerdas memilah milih informasi ini tidak hanya diterapkan ke media penyiaran, tapi juga terhadap media baru. Kenyamanan dan keamanan media seperti TV dan radio dijamin oleh adanya Undang-undang Penyiaran, sedangkan media baru belum ada aturannya. 

“Hal yang mengkhawatirkan saat ini justru datang dari media baru. Kita menghadapi problematika, pengaruh dari media baru ini,” kata Mulyo Hadi. 

Terkait hal ini, KPI mendorong peran sekolah terutama para guru untuk ikut membantu dan mengawasi pola penggunaan dan pemanfaatan media baru. “Jika konten siaran TV sudah diawasi KPI karena kami konsisten menjalani tugas. Secara non stop memantau siaran TV dan Radio. Ada sekitar 17 stasiun TV yang kami pantau secara non stop, 24 jam secara shift,” jelas Mulyo.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMA Kristen Yahya, Yoyo, menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasihnya kepada KPI yang telah menghadirkan acara literasi di lingkungan SMA Yahya. 

“Suatu kehormatan Sekolah Kristen Yahya untuk menerima kunjungan ini. Saya bangga dengan kunjungan dari DPR dan KPI. Kegiatan ini bisa menjadi masukan dan menambah wawasan terkait literasi dan digitalisasi penyiaran,” tandasnya. 

Usai sambutan, acara dilanjutkan langsung sesi literasi dan sosialisasi yang menghadirkan Anggota Komisi I DPR RI, Junico BP Siahaan, Komisioner KPI Pusat, Mimah Susanti, Komisioner KPID Jabar, Adiyana Slamet, dan Stand Up Comedy Kompas TV, Alif Rivelino. Acara ini dimoderatori Neneng Athiyatul Fauziyah. Turut hadir dalam acara, Komisioner KPI Pusat, Nuning Rodiyah dan Hardly Stefano. ***/Foto: AR

 

Hak Cipta © 2022 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.