Jakarta - Pada 1 Oktober 2021 mendatang akan ada sejumlah channel tv kabel yang akan berhenti bersiaran. Ini karena Disney menutup 18 channel yang dimilikinya di wilayah Hong Kong dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Dari jumlah channel yang ditutup sebagian besar baru bergabung dari 21st Century Fox. Usia kanal yang ditutup juga belum mencapai tiga tahun.

Disney mengatakan salah satu tujuan penutupan adalah mengembangkan layanan streaming yang dimiliki perusahaan.

"Sebagai bagian dari upaya global The Walt Disney Company untuk berporos menuju model pertama D2C dan makin mengembangkan layanan streaming, perusahaan mengkonsolidasikan bisnis jaringan media terutama di Asia Tenggara dan Hong Kong," kata Disney.

Sementara juru bicara perusahaan mengatakan Disney akan terus memiliki bisnis media dan hiburan yang kuat untuk wilayah Asia Tenggara dan juga Hong Kong.

"Disney akan terus memiliki bisnis media dan hiburan yang kuat di Asia Tenggara dan Hong Kong yang mencakup bisnis direct-to-consumer, studio entertainment, produk konsumen, game dan bisnis penerbitan, melayani konsumen dan mitra serupa di kawasan ini," kata Juru bicara perusahaan.

Sebagai informasi, Disney memiliki layanan streaming bernama Disney Plus yang sampai saat ini sudah berada di 59 pasar dunia. Platform tersebut telah digunakan oleh lebih dari 100 juta pelanggan berbayar.

Perusahaan juga berharap bisa memperluas layanan streaming. Namun hingga saat ini baru warga Hong Kong yang dikabarkan akan bisa menggunakan Disney Plus, sedangkan Malaysia sempat direncanakan hal yang sama awal tahun ini namun akhirnya diputuskan untuk dihentikan sementara.

Di Indonesia sendiri, platform tersebut hadir dengan nama Disney Plus Hotstar dan sudah diluncurkan pada September 2020 lalu. Merek yang sama juga dimiliki Singapura dan telah dirilis Februari 2021.

Berikut 18 channel tv yang akan ditutup mulai 1 Oktober 2021 mendatang dikutip Variety, Jumat (6/8/2021):

1. Fox

2.Fox Crime

3.Fox Life

4.FX

5.Channel V

6.Fox Action Movies

7.Fox Family Movies

8.Fox Movies

9.Star Movies China

10.Fox Sports

11.Fox Sports 2

12.Fox Sports 3

13.Star Sports 1

14.Star Sports 2

15.Disney Channel

16.Disney Junior

17.Nat Geo People

18.SCM Legend

Dari 18 channel akan ada empat channel yang bertahan setelah 1 Oktober 2021 mendatang. Yakni Star Chinese Channel, Star Chinese Movies, National Geographic Channel, dan Nat Geo Wild. Red dari CNBC Indonesia 

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.