Jakarta - Dalam rangka meningatkan kualitas siaran Ramadan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat dan Majelis Ulama Indonesia memberikan apresiasi kepada sejumlah program acara yang tayang sepanjang Ramadan lalu. Acara apresiasi bersamaan dengan acara Halal Bihalal KPI pada, Kamis, 7 Agustus 2014 di Auditorium Gedung Bapeten Lantai 8, Jalan. Gajah Mada No. 8 Jakarta.

Koordinator Bidang Isi Siaran KPI Pusat Sujarwanto Rahmat Arifin mengatakan, program apresiasi itu adalah hasil kerjasama KPI dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI). “Tiga bulan sebelum Ramadan, kami di KPI ingin agar program acara Ramadan tahun ini bisa lebih baik. Lalu kami bekerjasama dengan MUI dan sosialisasikan itu kepada lembaga penyiaran. selama Ramadan kami dan MUI melakukan pemantauan,” kata Rahmat dalam sambutannya.

Menurut Rahmat, penghargaan itu berikan untuk memacu lembaga penyiaran agar menayangkan acara yang bagus, Islami, khusuk, dan tetap menghibur bagi penonton. “Ternyata dari hasil pemantauan kami, banyak program acara Ramadan yang bagus dan mendapatkan apreasi tahun ini, tidak sekadar bagus juga menguntungkan secara bisnis,” ujar Rahmat.

Dari hasil pantauan KPI dan MUI ada dua kategori penghargaan yang diberikan kepada program acara, yakni program acara terbaik dan baik. Sedangkan untuk kategori program acaranya dengan kriteria program acara dakwah atau pencarian bakat dakwah, sinetron/drama/kartun, dan kategori feature atau dokumenter.

Program Ramadhan yang mendapat penghargaan Terbaik dari KPI dan MUI:

1.  Hafiz Indonesia – RCTI: Kontes hafalan Qur’an dalam hitungan juzz.

2.  Para Pencari Tuhan – SCTV: Sinetron Islami dengan siraman rohani

3.  Muslim Travelers – Net : Kisah muslim Indonesia di berbagai belahan dunia

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.