Sarolangun - Roadshow literasi media ke kabupaten/kota kembali dilakukan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jambi. Setelah menjelajahi Kabupaten Kerinci, Kota Sungaipenuh, dan Kabupaten Bungo, Rabu (26/10/2022) lalu, KPID Provinsi Jambi mendatangi Kabupaten Sarolangun untuk melaksanakan kegiatan literasi media.

Kegiatan ini bertempat di ruang Aula Kantor Camat Kecamatan Cermin Nan Gedang (CNG), yang berlokasi di Lubuk Resam. Literasi media kali ini melibatkan DPRD Provinsi Jambi, dengan mengundang narasumber Ketua Komisi I H. Hapis Hasbiallah, sebagai mitra KPID Provinsi Jambi. Sementara narasumber dari KPID Provinsi Jambi dari Wakil Ketua Asriyadi.

Menurut Asriyadi, literasi ini penting dilakukan sejak keterbukaan dan kebebasan informasi dan teknologi media, sehingga masyarakat diwajibkan memiliki kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan informasi dalam berbagai bentuk media terkhusus media televisi dan radio.

Komisioner KPU Kabupaten Sarolangun periode 2013-2018 itu menambahkan, diskusi sehari ini diikuti berbagai kalangan, mulai dari pemuda dan tokoh masyarakat.

"Kita (KPID, red) berharap masyarakat dapat memberikan  tontonan yang layak bagi anak masyarakat. Kita mengedukasi masyarakat agar bisa mengerti siaran yang layak dan tidak layak untuk di tonton anak-anak masyarakat,” ungkap Wakil Ketua KPID Provinsi Jambi itu.

Mantan jurnalis ini pun menyampaikan bagaimana fungsi dan tugas KPID yang mengawal dan mengawasi program siaran lembaga penyiaran baik televisi maupun radio.

Dalam kesempatan yang sama, hadir sebagai narasumber Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jambi H. Hapis Hasbiallah.

Menurut mantan anggota DPRD Kabupaten Sarolangun tiga periode ini sebagai mitra mengapresiasi kegiatan yang dilakukan KPID Provinsi Jambi.

Bang Hapis -begitu beliau disapa - menilai kegiatan yang dilaksanakan KPID Provinsi Jambi harus terus dilakukan untuk mengedukasi masyarakat.

“Kegiatan ini sangat penting untuk mengedukasi masyarakat dalam memberikan tontonan yang layak bagi anak, sebagai mitra kerja kita mendukung upaya yang dilakukan KPID sehingga anak-anak bisa menonton acara televisi dan radio sesuai dengan umur mereka,” jelas Hapis yang berharap kegiatan serupa dapat terus ditingkat di tahun mendatang.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua KPID Provinsi Jambi Asriyadi, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jambi H. Hapis Hasbiallah, Tenaga Ahli KPID, Dedi Susanto staff Pengawas Isi Siaran KPID Ganda Bagus Ulul Albab, tenaga pendidik, kepala desa, BPD, tokoh masyarakat dan kalangan pemuda. Red dari berbagai sumber

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.