Jakarta -- Siaran televisi pemerintah Korea Utara beresolusi tinggi yang berasal dari satelit Rusia, saat ini tidak dapat diakses di Korea Selatan, Hal ini dikarenakan adanya konflik frekuensi dengan jaringan 5G lokal. Situasi ini menyebabkan kebingungan para pengamat Korea Utara lantaran Pyongyang semakin memutus hubungan negara tersebut dengan dunia. Demikian dilaporkan dilaporkan NK News.

Korean Central Television (KCTV) sebelumnya menyiarkan tayangan definisi tinggi melalui satelit ChinaSat 12 Tiongkok dengan jangkauan luas di kawasan Asia-Pasifik, Eropa dan Afrika, sebelum tiba-tiba beralih ke satelit Express-103 Rusia pada tanggal 1 Juli.

Sejak itu, lembaga penyiaran besar Korea Selatan mulai menggunakan klip KCTV standar beresolusi rendah di segmen berita mereka di DPRK, dan bahkan saluran YouTube pro-Utara dan situs web lain di seluruh dunia telah melaporkan gangguan atau beralih ke resolusi rendah.

NK News mengelola aliran dan arsip umpan definisi standar, tersedia dari satelit yang dioperasikan oleh perusahaan AS Intelsat, di KCNA Watch. “Masalah ini pada dasarnya adalah masalah interferensi antara perubahan pita frekuensi siaran Korea Utara dan pita frekuensi komunikasi seluler (5G) yang ada,” kata juru bicara Kementerian Ilmu Pengetahuan dan TIK Korea Selatan kepada NK News pada hari Selasa.

Mereka menambahkan bahwa “pita komunikasi seluler yang menyebabkan gangguan secara hukum dialokasikan ke tiga operator seluler (LGU, KT, SKT) pada November 2018, dan telah mendukung layanan 5G.”

Seorang spesialis satelit di Korea Selatan mengatakan kepada NK News bahwa satelit Rusia mentransmisikan KCTV pada frekuensi 3707 MHz, menjelaskan bahwa hal ini membuat “sulit untuk menerima KCTV di mana pun dengan sinyal 5G karena gangguan di dekat frekuensi tersebut.”

Pakar tersebut, yang meminta tidak disebutkan namanya karena keterlibatan mereka dalam melayani siaran Korea Utara, mengatakan jaringan seluler Korea Selatan menggunakan frekuensi berkisar antara 3,4 hingga 3,7 GHz (3400 hingga 3700 MHz) dan frekuensi ini terlalu dekat dengan 3707 MHz dari sinyal KCTV.

SK Telecom saat ini dialokasikan pada rentang terdekat, dari 3600 hingga 3700 MHz. Layanan 5G perusahaan mencakup sebagian besar wilayah Korea Selatan, kecuali beberapa pulau pesisir, menurut peta jangkauan mereka.

Martyn Williams, peneliti senior di Stimson Center, mengatakan kepada NK News bahwa “sinyal 5G jauh lebih kuat daripada sinyal lemah dari satelit, sehingga kemungkinan interferensinya tinggi.”

“Konflik ini sepertinya tidak akan terselesaikan” melalui realokasi frekuensi di Korea Selatan karena “permintaan bandwidth seluler terlalu besar, dan jumlah pengguna satelit C-band sangat sedikit,” tambahnya.

Penurunan kualitas video yang signifikan dari feed def tinggi ke feed def standar yang tersedia saat ini telah menghalangi analisis dan pelaporan lebih dalam tentang rekaman KCTV pada bulan Juli.

Misalnya, sebuah laporan video yang ditayangkan pada tanggal 3 hingga 4 Juli tentang tur Kim Jong Un ke sebuah pabrik senjata baru menunjukkan banyak klip jalur produksi interior dan sebuah museum di lokasi yang dapat memberikan petunjuk tentang sejarah pabrik tersebut dan senjata spesifik yang diproduksinya, namun detailnya tidak tampak jelas di feed definisi standar.

Para pengamat Korea Utara mungkin juga berharap mendapatkan petunjuk tentang perombakan kepemimpinan dalam liputan sidang pleno partai baru-baru ini dan acara peringatan kematian Kim Il Sung minggu ini, namun rekaman yang buram membuat wajah-wajah tersebut jauh lebih sulit dikenali dibandingkan rekaman definisi tinggi yang tersedia hingga tahun lalu. bulan.

KCTV tidak hadir di world wide web dan cenderung hanya menayangkan segmen berita tentang aktivitas Kim Jong Un selama dua hari setelah aktivitas tersebut terjadi. Banyak segmen yang diunggah ke situs web Uriminzokkiri yang dikelola pemerintah hingga awal tahun ini, namun Pyongyang telah menghapus situs tersebut sebagai bagian dari penghapusan seluruh organisasi yang terkait dengan unifikasi.

Niat di balik peralihan Korea Utara dari satelit Tiongkok yang tersedia secara luas ke satelit Rusia dengan jangkauan yang lebih sempit masih belum jelas.

Masuk akal bahwa langkah ini bertujuan untuk menghilangkan ketersediaan KCTV di Korea Selatan di bawah kebijakan anti-unifikasi yang baru, sejalan dengan menghilangkan jalur propaganda lain yang menjangkau warga Korea Selatan. Hal ini berarti pengetahuan sebelumnya tentang sinyal 5G tumpang tindih dengan frekuensi KCTV baru dari informasi yang tersedia untuk umum.

Namun, tampaknya hal ini lebih merupakan langkah pro-Rusia setelah penandatanganan perjanjian “komprehensif” baru oleh pemimpin Kim Jong Un dan Vladimir Putin di Pyongyang bulan lalu.

Perjanjian tersebut menetapkan bahwa kedua belah pihak “mempromosikan kerja sama yang luas di bidang media untuk meningkatkan pengetahuan tentang kehidupan masyarakat kedua negara, menyebarkan informasi yang obyektif tentang DPRK, Federasi Rusia, dan kerja sama bilateral di ruang media internasional, dan mendorong upaya bersama yang luas untuk melawan informasi palsu dan aktivitas informasi yang provokatif.”

Mereka yang berharap mendapatkan akses ke siaran KCTV definisi tinggi saat ini dapat menangkap sinyal di Rusia, Mongolia, Tiongkok utara, dan tempat lain dalam peta cakupan satelit Express 103 yang membentang dari Eropa Timur melalui Asia Tengah hingga Timur Jauh.

Negara-negara dalam jangkauan satelit yang kemungkinan akan terganggu oleh layanan 5G lokal adalah Jepang, Kazakhstan, Bulgaria, Yunani, dan Polandia.

Di tempat-tempat yang tidak ada gangguan frekuensi, “siapa pun dapat menerima sinyal selama mereka dapat melihat satelit dengan jelas” dan antena parabola yang cukup besar, kata Williams kepada NK News, seraya menambahkan bahwa sinyal baru KCTV “tidak tampak terenkripsi.”

Namun, pada tanggal 10 Juli, NK News tidak dapat menemukan unggahan atau bukti lain dari rekaman KCTV definisi tinggi dari bulan ini yang diposting online, sehingga menunjukkan bahwa bahkan mereka yang memiliki hubungan kuat dengan Pyongyang dan di dalam peta cakupan satelit mengalami kesulitan dalam menangkap siaran tersebut. atau memperoleh peralatan yang tepat.

Hal ini mencakup lembaga-lembaga penyiaran besar Korea Selatan, Tiongkok, dan Rusia, meskipun beberapa di antaranya tampaknya mendapatkan akses ke klip KCTV definisi tinggi dan rekaman mentah untuk acara peringatan kematian Kim Il Sung pada tanggal 8 Juli melalui layanan kabel resmi Pyongyang dan biro berita yang ditempatkan di ibu kota DPRK. Red dari berbagai sumber

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.