Jakarta -- Menurut jajak pendapat terbaru untuk Observer, BBC berada di belakang stasiun televisi swasta ITV sebagai sumber berita paling tepercaya di Inggris setelah perselisihan tentang penangguhan Gary Lineker.

Meskipun demikian, lembaga penyiaran publik itu masih menjadi salah satu sumber berita paling terpercaya menurut jajak pendapat Opinium. Dua dari lima mempercayai BBC News dan 26 persen tidak mempercayainya, sehingga skor “net trust” BBC +14%. Sementara itu ITV mencatat skor net trust +23%.

Angka dinatas menunjukkan perubahan besar. Pada jajak pendapat serupa bulan Agustus tahun lalu, BBC memiliki net trust +21%, sementara ITV hanya +8%.

Perubahan drastis ini terjadi setelah Direktur Umum BBC Tim Davie terpaksa mengajukan permintaan maaf kepada publik, setelah siaran olahraganya terganggu disebabkan kolega-kolega dari Gary Lineker mogok siaran sebagai bentuk solidaritas terhadap bekas bintang sepakbola yang kini menjadi komentator ternama itu.

Lineker diberhentikan setelah dia membuat komentar di Twitter yang mengkritik kebijakan pemerintah Inggris terkait penanganan migran yang menyeberang lewat laut, yang disamakannya seperti kebijakan Nazi Jerman.

Setelah pro dan kontra, Lineker akhirnya kembali diperbolehkan tampil di layar televisi, menjadi presenter siaran langsung laga perempat final FA Cup antara Manchester City dan Burnley, sehingga memicu memicu perselisihan tentang ketidakberpihakan politik BBC. 

The Guardian sejak itu mengungkapkan pesan-pesan yang berasal dari tahun 2020 hingga 2022 yang menunjukkan bahwa BBC berada di bawah tekanan dari kantor PM Inggris perihal berita-berita politik yang diliputnya.

Jajak pendapat itu juga mengungkap 24% responden menilai BBC laporan beritanya bias sayap kanan, 21% meyakini bias sayap kiri dan 26% berpikir umumnya netral, lapor The Guardian Sabtu (18/3/2023) lalu. Red dari berbagai sumber

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.