Toronto -- Disney telah mendekati pemerintah federal Kanada untuk mengubah Undang-Undang Penyiaran saat ini. Pekan lalu, David Fares, wakil presiden kebijakan publik global di Walt Disney, muncul di hadapan Senat dengan harapan mengubah definisi konten “Kanada”.

Tarif berpendapat bahwa produksi Disney seperti baru-baru ini untuk memerah harus berada di bawah kualifikasi konten Kanada saat ini. Film animasi Pixar bercerita tentang seorang remaja Tionghoa-Kanada yang tumbuh di Toronto. Film ini juga dibintangi Sandra Oh dari Ottawa. Juga dari National Geographic kulit kayu difilmkan di Quebec. Washington Hitam, sebuah adaptasi televisi dari karya penulis Kanada Esi Edugyan, juga diproduksi. Namun, tidak ada satu pun produksi yang dianggap Disney adalah perusahaan Amerika.

Undang-Undang Penyiaran saat ini memiliki pedoman ketat yang menentukan apa yang didefinisikan sebagai konten yang diproduksi “Kanada”. Undang-Undang Streaming Daring (Bill C-11) bertujuan untuk memberikan insentif keuangan, keringanan pajak, dan manfaat lainnya kepada perusahaan yang memproduksi dan mempromosikan konten Kanada. Fares berharap Bill C-11 dapat memperbarui undang-undang penyiaran Kanada. Ini dapat menyebabkan Komisi Telekomunikasi Radio-TV Kanada (CRTC) menjadi regulator atas perusahaan dan platform streaming seperti Disney, Netflix, dan lain-lain.

Selama sidang minggu lalu, Fares mengklaim Disney memiliki “hubungan khusus dengan Kanada.” Dia mengatakan perusahaan telah menghabiskan dan menginvestasikan sekitar $3 miliar di Kanada. Dalam beberapa tahun terakhir, Disney telah berinvestasi dalam 18 serial televisi di tanah air. “Kami berharap untuk terus berinvestasi di Kanada dan rezim peraturan yang fleksibel akan memungkinkan kami untuk memaksimalkan investasi masa depan tersebut,” tambah Fares.

Menteri Warisan Pablo Rodriguez menegaskan dia akan meminta CRTC untuk mengubah definisi konten Kanada.

Meskipun roda tampak bergerak, kemunduran dapat terjadi. CEO Asosiasi Produsen Media Kanada Reynolds Mastin mengatakan, “Orang terkadang lupa bahwa aturan konten Kanada ada untuk menentukan akses ke insentif keuangan pemerintah federal.”

Spotify baru-baru ini mengajukan banding serupa. Pejabat perusahaan berpendapat untuk fleksibilitas yang sama dalam bagaimana lagu Kanada harus jatuh di bawah Bill C-11. Karena pedoman tersebut, bahkan lagu artis Kanada seperti Justin Bieber atau Drake tidak dapat dianggap sebagai “Kanada”. Red dari The Globe and Mail

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.