Eropa - EBU (European Broadcasting Union) sangat prihatin mengetahui bahwa Bosnia and Herzegovinian Radio and Television (BHRT) berencana menghentikan siarannya pada akhir Juni karena kurangnya dana. Ini akan menjadi pertama kalinya penyiaran pelayanan publik di Eropa akan dipaksa untuk berhenti siaran karena kesulitan keuangan.

Pengumuman ini  belum pernah terjadi sebelumnya ini dapat diartikan bahwa Bosnia dan Herzegovina bisa menjadi satu-satunya negara Eropa yang tidak memiliki pelayanan penyiaran publik nasional.

Situasi keuangan BHRT telah memburuk selama bertahun-tahun dengan dana yang tidak mencukupi yang disebabkan oleh dana progresif dari biaya lisensi, sistem pengumpulan lemah dan tunggakan pembayaran substansial dari penyiar mitra regional Radio-televizije Federacije BiH dan Radio-televizije Republike Srpske. Dilain sisi, reformasi dana yang diperlukan untuk media pelayanan publik di Bosnia dan Herzegovina telah berulang kali ditunda.

EBU telah aktif mendukung anggotanya di Bosnia dan Herzegovina untuk mencari pendanaan aman selama beberapa tahun terakhir. Ini telah bertemu beberapa kali dengan perwakilan pemerintah untuk mencoba dan datang dengan solusi jangka panjang untuk biaya lisensi dan telah menyerukan kepada Parlemen Eropa dan Komisi Eropa untuk mendukung pelaksanaan standar media di negara Uni Eropa  .

Pekan lalu, EBU mengumumkan penyiaran sekarang berutang organisasi lebih CHF 6 juta. BHRT tidak dapat memenuhi kewajiban keuangannya termasuk pembayaran hak siar Kejuaraan Sepak Bola datang Eropa. Beberapa kali gagal melakukan upaya untuk menetapkan rencana pembayaran utang.

EBU telah menetapkan batas waktu 31 Mei untuk mencoba menyelesaikan krisis keuangan. Sebagai upaya menit terakhir untuk mencari solusi, EBU telah memutuskan untuk memperpanjang batas waktu hingga Rabu 8 Juni sebelum dimulainya Kejuaraan Sepak Bola Eropa.

Direktur EBU Jenderal Ingrid Deltenre mengatakan: "Kami sangat berharap bahwa pemerintah Bosnia dan Herzegovina menanggapi serius situasi dan tidak hanya dimulai reformasi yang diperlukan dari biaya lisensi, tetapi juga mengambil tindakan segera dan mendesak untuk memungkinkan BHRT untuk melanjutkan operasi dan membayar kembali utang-utangnya. "

Dia melanjutkan, "Kami percaya bahwa media pelayanan publik yang kuat adalah landasan demokrasi yang stabil dan kunci untuk kohesi sosial. Ini merupakan indikasi dari kebebasan dan media negara pluralitas. Kami mendesak Komisi Eropa dan lembaga-lembaga internasional untuk mendukung kami dalam menyerukan pemerintah Bosnia Herzegovinia untuk datang dengan solusi jangka panjang yang kredibel dan pendanaan Media pelayanan publik di negara ini dan mendukung demokrasi yang baru lahir ini. " Rav dari http://www.ebu.ch/news/2016/06/ebu-alarmed-at-threat-to-public

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.