Jakarta - Kehadiran televisi dan radio di tengah masyarakat selain sebagai penyampai informasi, penyedia hiburan dan perekat sosial, juga memiliki peran strategis dalam tumbuh kembang anak Indonesia. Keduanya dapat menjadi sarana pemberian stimulasi pada seluruh aspek perkembangan anak baik di usia dini hingga remaja. Diantaranya terkait aspek bahasa, sosial emosional, kognitif, seni dan juga aspek nilai moral dan agama. Untuk itulah dibutuhkan konten-konten baik dari televisi dan radio, sebagai stimulasi kebaikan untuk anak-anak Indonesia yang diharapkan menjadi generasi emas pada tahun 2045 mendatang.

Anugerah Penyiaran Ramah Anak (APRA) 2024 dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) merupakan bentuk apresiasi atas kerja insan penyiaran dalam menghadirkan program siaran yang ramah bagi anak-anak dan mendukung tumbuh kembang mereka menjadi generasi emas yang unggul dan berkualitas. Dengan mengusung tema “Membentuk Generasi Emas Melalui Program Siaran Ramah Anak”, diharapkan dapat memacu kompetisi sehat antar lembaga penyiaran dalam menyuguhkan program siaran sehat dan berkualitas, khususnya program siaran anak. Acara ini juga disiarkan secara langsung oleh TVRI Nasional pada hari Kamis 25 Juli 2024. 

Ketua KPI Pusat Ubaidillah mengatakan, KPI berharap dengan APRA ini, pengelola televisi dan radio ikut memberi perhatian pada manfaat konten program siaran yang hadir di tengah publik. “Tujuannya, konten-konten di televisi dan radio dapat menstimulasi anak-anak untuk berkreasi dan memiliki mimpi yang tinggi untuk masa depan mereka,”ujarnya. Mengingat masa depan negeri ini juga ditumpukan pada kemampuan anak-anak di masa kini yang akan menjadi generasi emas dan pemimpin di masa mendatang. “Jika anak-anak menerima tayangan yang baik dan berkualitas, kita yakin maka mereka pun akan tumbuh dengan baik karena stimulasi positif yang didapat salah satunya dari televisi dan radio,” tambah Ubaidillah. 

APRA 2024 diikuti oleh Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) Televisi dan Radio yang bersiaran jaringan, Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI dan RRI, serta Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL).  Kategori penghargaan yang diberikan KPI Pusat untuk televisi dan radio yang terdiri atas: 

1. Program Animasi Indonesia

2. Program Animasi Asing

3. Program Feature/ Dokumenter

4. Program Anak Inspiratif

5. Program Pendidikan Anak 

6. Program Variety/ Reality Show

7. Program Keluarga Indonesia

8. Program Anak Radio

9. Program Dongeng Radio 

10. Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Peduli Anak 2024

11. Radio Peduli Anak Indonesia

12. Radio Terbaik APRA 2024

13. Televisi Peduli Pendidikan Anak Indonesia

14. Televisi Ramah Anak 2024

15. Program Anak Terfavorit 2024

Sementara itu, menurut Tulus Santoso selaku penanggungjawab kegiatan APRA 2024 dan juga Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPI Pusat, melalui ajang APRA KPI juga mengajak para pelaku industri kreatif untuk selalu menyajikan siaran yang aman dan nyaman untuk dinikmati anak-anak.  “Kami mendorong agar industri penyiaran menampilkan tayangan-tayangan yang dapat dinikmati oleh anak-anak, baik itu lagu-lagu anak, film, variety show dan lain sebagainya,” tambah Tulus. Dia menilai dengan adanya program yang ramah anak dan sesuai dengan tumbuh kembangnya, diharapkan anak-anak juga memiliki referensi positif dari siaran yang dinikmatinya. 

Pada tahun ini, KPI memberikan penghargaan khusus pada Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) sebagai bentuk apresias atas usaha mereka mengisi konten siaran di daerah dengan muatan yang positif dan inspiratif. Penilaian untuk LPPL ini, terang Tulus, mengikutsertakan KPID dalam verifikasi program siaran serta kepatuhannya pada Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3&SPS). Harapannya, penghargaan ini dapat menyemangati para pengelola LPPL untuk dapat konsisten menyajikan program yang ramah anak dan selaras dengan kearifan lokal dari daerah setempat.

Terkait penilaian APRA secara keseluruhan, KPI mengikutsertakan kalangan akademisi, anggota legislatif, Dewan Pengawas Produksi Film Nasional (PFN) dan juga Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Pada APRA kali ini KPI melakukan penilaian terhadap 71 program siaran televisi dan 21 program siaran radio. Seluruh program siaran ini telah melewati verifikasi awal oleh Tim KPI Pusat untuk memastikan program yang diajukan lembaga penyiaran, bersih dari pelanggaran P3SPS. Selain dinilai oleh tim juri, APRA 2024 memiliki kategori program anak favorit lewat penilaian publik yang dipilih melalui akun media sosial, Instagram dan Facebook KPI Pusat.  

Aliyah, selaku anggota KPI Pusat Bidang Pengawasan Isi Siaran, mengapresiasi antusias lembaga penyiaran baik radio dan televisi yang mengikutsertakan program-program siarannya untuk bertanding pada APRA kali ini. Pada prinsipnya, semua program siaran yang masuk nominasi, sudah layak untuk dijadikan referensi orang tua saat mendampingi anak-anaknya menonton televisi dan mendengarkan radio. “Selain itu, kita juga berharap, kompetisi ini dapat menumbuhkan semangat serta kesadaran para produser program dalam menghasilkan karya yang layak dan ramah untuk dinikmati oleh anak-anak kita, anak Indonesia,” pungkas Aliyah. 

 

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.