Jakarta -- Tim Seleksi (Timsel) calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan (Sulsel) Periode 2023-2026 menyatakan akan memilih calon-calon Anggota KPID yang berkualitas sebelum diserahkan ke Komisi A DPRD Sulsel untuk di uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test). Karenanya, Timsel memastikan seluruh proses seleksi berkas administrasi hingga wawancara calon akan selektif, ketat dan transparan.

Hal itu disampaikan Ketua Timsel Calon Anggota KPID Sulsel Suparno, saat kunjungan kerja sekaligus konsultasi ke KPI Pusat, Rabu (27/9/2023). Dalam kunjungan itu, seluruh anggota Timsel ikut menyertai. Timsel beranggotakan 5 orang terdiri dari unsur pemerintah, akademisi, praktisi penyiaran dan Anggota KPI Pusat. 

"Kita ingin mendapatkan KPID yang berkualitas, kreatif, memahami penyiaran dan memang dibutuhkan untuk penyiaran di Sulawesi Selatan. Jadi kami akan serahkan calon yang berkualitas ke Komisi A DPRD," katanya di hadapan Ketua KPI Pusat Ubaidillah serta Anggota KPI Pusat Muhammad Hasrul Hasan dan Aliyah yang menerima kunjungan itu.

Saat ini, lanjut Suparno, proses pendaftaran calon Anggota KPID Sulsel Periode 2023-2026 telah dibuka dan akan ditutup pada 18 Oktober 2023. Pendaftaran dibuka untuk umum dengan sejumlah syarat yang mesti dipenuhi. Timsel juga telah berkoordinasi dengan PJ Gubernur Sulsel dan DPRD Provinsi. 

"Disini kami juga ingin menyampaikan pertanyaan dari masyarakat terkait calon pendaftar yang memiliki media. Apa yang harus kami lakukan," tanya Suparno.

Menjawab pertanyaan itu, Ketua KPI Pusat Ubaidillah, meminta agar setiap pendaftar calon Anggota KPID untuk menyertakan surat keterangan yang menyatakan tidak terkait dengan kepemilikan media, bekerja di media atau partai politik. "Jadi jika ada yang bekerja di media, mereka harus mengundurkan diri. Mereka juga tidak boleh terafiliasi dengan kepentingan tertentu," katanya.

Dalam kesempatan itu, Ubaidillah meminta Timsel untuk memberi perhatian pada perwakilan perempuan di KPID. Menurutnya, keberadaan perempuan sangat penting untuk menentukan arah kebijakan khususnya terkait persoalan anak dan perempuan dalam penyiaran. "Ini harus jadi perhatian dan penting," ujarnya yang juga diamini Aliyah dan Muhammad Hasrul Hasan 

Adapun nama-nama Timsel calon Anggota KPID Sulsel Periode 2023-2026 yakni Andi Winarno Eka Putra (Kadis Kominfo Pemprov Sulsel ), A. Lukman Irwan, Arief Wicaksono (Akademisi), Suparno (Praktisi Penyiaran) dan Aliyah (perwakilan dari KPI Pusat). ***/Foto: Agung R

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.