Tanjung Pinang -- Taman Gurindam menjadi saksi bersejarah kick off peringatan 90 tahun Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas). Kick off yang digelar pada Sabtu (15/7/2023) sore tersebut berlangsung meriah. Berbagai elemen masyarakat berkumpul di Taman Gurindam XII Tanjung Pinang. 

Kick off menjadi pertanda siapnya Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyelenggarakan peringatan Harsiarnas 2023 ke 90. Ketua KPI Pusat, Ubaidillah dan Gubernur Provinsi Kepri, Ansar Ahmad, secara simbolis menekan layar sebagai pertanda dimulainya rangkaian kegiatan Harsiarnas. Puncak peringatan Harsiarnas 2023 akan dilaksanakan di Lagoi, Bintan, 10 hingga 12 Agustus mendatang. 

Dalam sambutannya, Ansar menyampaikan, rasa bangga atas keputusan KPI Pusat memilih Kepri sebagai tuan rumah Harsiarnas. Terlebih diyakini penunjukan ini akan membawa banyak manfaat bagi Kepri. “Kita semua bersyukur diberi kesempatan menjadi tuan rumah Harsiarnas. Ini sangat berharga dalam rangka promosi Kepri,” katanya. 

Ansar menambahkan, peringatan Harsiarnas sebagai wujud pengakuan pentingnya penyiaran dalam kehidupan masyarakat. Dengan nilai histori yang kental, Harsiarnas diharapkan jadi ajang untuk melihat kembali dunia penyiaran. 

“Kita meyakini bahwa televisi yang kita tonton, radio yang kita dengar adalah bagian tuntunan yang ikut mempengaruhi pola pikir, sikap, tutur kata, cara berkomunikasi kita dengan orang-orang sekitar,” ungkapnya. 

Sementara itu, Ubaidillah menyampaikan, Harsiarnas menjadi momentum penting dan bersejarah bagi penyiaran di Indonesia. Kepri sebagai wilayah perbatasan diharapkan menjadi tempat mewujudkan siaran yang sehat bagi masyarakat. 

“Dari Kepri inilah, saya berharap niat baik agar disatukan dan mendorong lembaga penyiaran tetap setia pada nilai sejarahnya. Berpegang pada nilai dan norma, serta berperan menciptakan SDM yang unggul, tetapi juga tumbuh ekonominya,” kata Ubaidillah. 

Dia juga menyampaikan bahwa banyak rangkaian kegiatan dalam Harsiarnas tahun ini. Harsiarnas akan dibarengi dengan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KPI dengan KPI Daerah seluruh Indonesia. Rakornas yang nantinya akan melahirkan kebijakan regulasi penyiaran di Indonesia. Selain Rakornas, banyak kegiatan pendukung lainnya. 

“Kita akan ada penanaman mangrove, literasi media, workshop penyiaran, dan kita berharap Presiden RI dapat hadir dalam acara puncak,” tambah Ubaidillah. 

KPI menilai Provinsi Kepri sangat layak dijadikan tuan rumah Harsiarnas 2023. Ubaidillah menyatakan pemilihan tersebut karena kesiapan Pemprov Kepri sangat baik. “Selain partisipasi masyarakat yang sangat luar biasa saat ini, Kepri juga pernah mendapatkan gelar Pemerintah Peduli Penyiaran (dalam Anugerah KPI 2022),” ungkapnya. Abidatu Lintang

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.