Bengkulu - Ketua KPI Pusat Ubaidillah melakukan sejumlah kegiatan di Bengkulu, salah satunya silaturahim dengan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Dalam kunjunganya, Ubaidillah didampingi Ketua dan Jajaran KPI Daerah Bengkulu, diterima hangat di Rumah Dinas Gubernur Provinsi Bengkulu, Senin (29/5/2023) kemarin. 

Dalam silaturahim yang berlangsung hampir 1 jam, Ubaidillah menyampaikan ada ragam program KPI yang berpotensi bisa dikerjasamakan dengan daerah, seperti Anugerah KPI, Literasi Media, Sekolah P3SPS dan lainnya yang dapat diagendakan secara kolaboratif, termasuk penguatan konten lokal.

“Tadi kami diskusi mengenai banyak hal yang terkait dengan penyiaran. Bisa juga dilakukan kerjasama dan dilaksanakan secara kolaboratif,” terangnya.

Ketua KPI Pusat juga menyampaikan apresiasi kepada Gubernur karena memberikan dukungan kepada KPI Daerah Bengkulu. Utamanya, dalam pelaksanaan wewenang, tugas dan fungsi penyiaran.

Sementara itu, Rohidin Mersyah meminta agar konten lokal di perkuat di layar kaca anak jaringan. Rohidin menyebut bahwa Bengkulu mempunyai banyak ragam budaya, UMKM, dan kearifan lokal yang dapat dipromosikan sebagai penguatan konten lokal dalam tayangan televisi dan siaran radio. Bahkan, Pemprov Bengkulu sudah memproduksi konten yang berkenaan dengan kekayaan budaya Bengkulu.

“Lembaga Penyiaran juga dapat kerja sama dengan Pemprov mengenai konten lokal Bengkulu,” tuturnya. 

Ubaidillah juga menyampaikan, Lembaga Penyiaran harus mengedepankan aspek proporsionalitas, netralitas dan tidak berpihak menjelang Pemilu 2024.  “Lembaga Penyiaran harus mematuhi aturan terkait siaran kepemiluan. KPI Pusat dan Daerah akan mengawasinya,” ujarnya dalam giat Literasi Media yang digelar KPI Daerah Bengkulu di Polresta Kota Bengkulu, Selasa (30/5/2023).

Ubaidillah mengajak masyarakat berpartisipasi dalam pengawasan penyelenggaraan pemilu, utamanya mengenai konten siaran di program Televisi dan Radio. 

“Ini menjadi tugas bersama, sinergi antar stakeholder akan memudahkan penguatan pengawasan,” pungkasnya.

Selain melakukan silaturahim dengan Gubernur, Ubaidillah juga melakukan kunjungan ke TVRI Bengkulu dan koordinasi dengan KPI Daerah Bengkulu sebagai rangkaian kunjungan kerja ke Provinsi Bengkulu. Memet

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.