Jakarta -- Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat melanjutkan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) tekait persiapan Kepri menjadi tuan rumah penyelenggara peringatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) 2023. Kepri menyatakan sangat serius menyelenggarakan kegiatan peringatan Harsiarnas tahun ini. 

Dalam rapat koordinasi lanjutan yang berlangsung di Kantor KPI Pusat, Rabu (3/5/2023), Pemprov Kepri yang diwakili Kepala Dinas Kominfo Kepri, Hasan, menyatakan daerah siap menjadi tuan rumah penyelenggara Harsiarnas 2023. Bahkan dalam paparannya, disampaikan berbagai hal terkait kesiapan Kepri menyambut seremoni tersut. 

Menurutnya, Pemprov Kepri siap menjadi tuan rumah dari segi sarana prasarana acara. Namun, Pemprov Kepri tetap meminta arahan dari KPI Pusat. “Saya kira kami sudah siap menjadi tuan Harsiarnas, namun kami tetap meminta arahan dari KPI Pusat untuk persiapannya,” ujar Hasan.

Disampaikan juga gagasan kegiatan tambahan dapat melibatkan partisipasi masyarakat dalam perhelatan tersebut. Kegiatan meliputi Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa (GLSP), seminar nasional, dialog interaktif terkait penyiaran dan perbatasan, kegiatan lingkungan, dan acara puncak yang dilaksanakan di area publik.

“Dengan beberapa saran yang kami sampaikan, kami harap masyarakat juga dapat merasakan manfaat dari kegiatan Harsiarnas. Sehingga semangat harsiarnas tidak hanya dirasakan kita saja,” ujar Hasan dalam pertemuan itu. 

Menanggapi pemaparan dari Pemprov Kepri, Ketua KPI Pusat, Ubaidillah, menyampaikan apresiasi luar biasa atas kesiapan Kepri menjadi tuan rumah Harsiarnas. Menurutnya, upaya baik tersebut harus terus dikomunikasikan supaya acara dapat berjalan baik. Terlebih terdapat satu kegiatan besar KPI yakni Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang dikuti seluruh KPI Daerah di Indonesia. 

“Saya kira lebih lanjut KPI Pusat perlu mempertimbangkan tanggal-tanggal pasti untuk masing-masing kegiatannya,” jawab Ubaidillah.

Sebelumnya, KPI pusat telah melakukan koordinasi panjang dengan Pemprov Kepri sejak periode Anggota KPI Pusat sebelumnya menyangkut kesediaan Kepri menjadi tuan rumah Harsiarnas dan Rakornas KPI 2023.

Sementara itu, Kepala Sekretariat KPI Pusat, Umri, menyatakan komitmen Kepri sangat besar untuk menjadi tuan rumah Harsiarnas 2023. Menurutnya, KPI Pusat juga siap mendatangkan KPI Daerah dari seluruh Indonesia. Harapannya, KPI Pusat dan Pemprov Kepri dapat bersama-sama menyukseskan perhelatan Harsiarnas dan Rakornas KPI 2023. 

“Dalam persiapan, kami tidak meragukan kesiapan Pemprov Kepri, sudah luar biasa. Namun, dirasa perlu berbagai tambahan catatan dan koordinasi lebih lanjut mengenai detail acara,” tambah Umri. Abidatu Lintang/Foto: Agung R

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.