Jakarta - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) berhasil membuktikan komitmen pengelolaan birokrasi yang baik dengan menorehkan prestasi sebagai Juara 1 pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) terbaik Tahun Anggaran 2021 di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Penghargaan tersebut di dapat untuk kategori BMN di bawah 30 miliar rupiah. Dalam kategori yang sama, Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP) Bandung dan Sekretariat Komisi Informasi Pusat berhasil meraih juara 2 dan 3.

Penghargaan diberikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Keuangan Kemenkominfo yang diselenggarakan Rabu (12/10/2022) di Jakarta. Penyerahan penghargaan diberikan Menteri Kominfo, Jhonny G Plate dan Sekretaris Jenderal Kemkominfo, Mira Tayyiba, yang diterima langsung Sekretaris KPI Pusat Umri.

Agenda tersebut merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Biro Keuangan Kemkominfo untuk menyelaraskan pengelolaan keuangan, barang milik negara, dan hal terkait pada seluruh unit kerja di lingkungan Kemenkominfo. Penilaian tidak hanya melibatkan internal Kemenkominfo, namun juga Kementerian Keuangan dan instansi terkait lainnya. 

Aparatur Sipil Negara (ASN) Analis BMN, Azuma Zuhadul menjelaskan, penghargaan tersebut merupakan buah dari sistem pelaporan yang tertib. “Saya selalu mendorong rekan-rekan untuk melaporkan BMN sebelum waktu yang ditentukan, dan saya apresiasi atas kerja samanya,” jelas Azuma. 

Selaku pimpinan sekretariat, Umri berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi KPI Pusat untuk lebih meningkatkan kinerja dengan alat ukur yang jelas dan berprestasi. “Harus dipertahankan dan tingkatkan kualitas kinerja. Harapannya kinerja yang baik tersebut memotivasi seluruh bagian di KPI Pusat,” katanya. 

Umri mengungkap salah satu kunci pencapaian ini adalah kolaborasi KPI Pusat dengan berbagai pihak. “Apresiasi saya kepada biro keuangan dan biro umum yang sudah memfasilitasi dan membimbing penyusunan pengelolaan tersebut dengan baik. Kalau tidak kolaborasi mungkin kita tidak bisa mencapai penghargaan ini,” ungkap Umri. 

Penghargaan ini menjadi tonggak pertama bagi KPI Pusat dalam menerima penghargaan sejenis. Umri juga berharap dengan banyaknya ASN muda yang hadir di KPI Pusat mampu meraih prestasi masing-masing. 

“Terima kasih dan apresiasi saya pada teman-teman yang mengelola, baru 2 tahun masuk (sebagai ASN) saja langsung bisa dapet penghargaan. Intinya, semua bidang kalau kita seriusin, pasti bisa,” pungkasnya. Abidatu/Foto: AR

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.