Jakarta -- Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tahun 2022 merupakan apresiasi yang diberikan pada program siaran di televisi dan radio yang memiliki kualitas terbaik. Penilaian tersebut didasarkan atas keselarasan program siaran dengan tujuan terselenggaranya penyiaran sebagaimana yang disebut dalam Undang-Undang nomor 32 tahun 2002 tentang Penyiaran. Selain itu kepatuhan terhadap Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS) KPI tahun 2012, juga menjadi tolak ukur utama dalam menilai setiap program siaran yang diajukan televisi dan radio untuk menerima anugerah. Selain itu, hal yang tak kalah penting adalah kualitas konten dan kemanfaatannya bagi publik. Sisi estetika dan novelty juga menjadi aspek penilaian.

Pada tahun 2022,  penilaian diberikan pada program siaran yang ditayangkan sepanjang 1 September 2021 hingga 31 Agustus 2022. KPI menerima 245 materi tayangan dari 18 televisi dan 81 materi tayangan dari 54 radio untuk dinilai. Proses seleksi awal ini dimulai 1-16 september hingga berakhir pada keputusan nomine serta pemenang pada 6 oktober 2022. Dalam proses ini, kriteria penilaian yang ditetapkan adalah keseseuaian dengan P3 & SPS, tidak pernah mendapat sanksi dari KPI, serta program siaran merupakan produksi baru atau sekurang-kurangnya repackage dari program sudah pernah tayang. Proses seleksi awal menghasilkan 214 tayangan program siaran televisi dan 28 tayangan program siaran radio yang masuk proses penjurian, untuk dinilai sebagai yang terbaik dari masing-masing kategori. 

Adapun kategori yang diperlombakan dalam Anugerah KPI 2022 adalah:

1. Program Anak

2. Program Animasi

3. Program Berita/ Jurnalistik

4. Program Dokumenter

5. Program Ajang Bakat

6. Program Drama Seri

7. Program Film Televisi

8. Program Iklan Layanan Masyarakat (Televisi)

9. Program Iklan Layanan Masyarakat (Radio)

10. Program Konten Lokal TV Berjaringan 

11. Program Televisi Lokal Non Berjaringan

12. Program Peduli Perempuan

13. Program Peduli Disabilitas

14. Program Peduli Perbatasan dan Daerah Tertinggal (Televisi)

15. Program Peduli Perbatasan dan Daerah Tertinggal (Radio)

16. Program Talkshow Berita

17. Program Talkshow Non Berita

18. Program Wisata Budaya (Televisi)

19. Program Wisata Budaya (Radio)

20. Penghargaan Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran

21. Penghargaan Radio Komunitas

22. Penghargaan Khusus TV 

23. Penghargaan Lifetime Achievement

 

Mengambil tema, ”Bangkit Bersama Penyiaran Indonesia”, Anugerah KPI akan diselenggarakan bekerja sama dengan Kompas TV. Dalam perhelatan Anugerah KPI ke-17 ini, terdapat kategori yang baru diperlombakan tahun ini, yakni kategori program ajang bakat dan konten lokal nonberjaringan. Salah satu pertimbangannya adalah, program ajang bakat merupakan program yang sudah cukup lama eksis di lembaga penyiaran, bahkan sebelum televisi swasta mulai mengudara. Dari program ajang bakat pula, muncul banyak talenta berbakat baik yang berasal dari kota-kota besar, atau pun yang muncul dari daerah terpencil. Talenta dari ajang bakat inilah yang kemudian menjadi pengisi berbagai program siaran di televisi dan radio dengan berbagai bakat dan kemampuan yang dimiliki. 

Selain itu, kategori baru lainnya adalah Kategori Konten TV Lokal Nonberjaringan. Keberadaan mereka tetap harus diapresiasi agar tumbuh kreativitas daerah yang pada akhirnya mampu bersaing di tingkat nasional atau bahkan global. Dengan adanya kategori baru ini, diharapkan memberi stimulus bagi lembaga penyiaran dalam menghadirkan talenta-talenta dan kreativitas baru yang hadir dari berbagai wilayah di Indonesia hingga keberagaman konten pun dapat terus eksis di televisi dan radio. 

Penilaian terhadap program siaran yang lolos seleksi awal tidak saja dilakukan oleh KPI semata. KPI mengikutsertakan beragam unsur masyarakat untuk ikut menjadi juri yang menilai kualitas tayangan tersebut.  Juri yang ikut terlibat dalam Anugerah KPI adalah Lembaga Sensor Film, Pengamat Media, Jurnalis Senior, Akademisi, Psikolog Klinis, dan juga anggota DPR RI. Dari penilaian 30 juri ini menghasilkan 95 tayangan yang ditetapkan sebagai nomine dari 19 kategori, baik televisi maupun radio. KPI berharap, pemberian apresiasi ini dapat menjadi stimulus bagi lembaga penyiaran untuk terus menyajikan program-program siaran yang berkualitas. Program yang tidak saja menghibur masyarakat, terutama sejak negeri ini dilanda Pandemi Covid 19, namun juga dapat mendidik dan memberi manfaat yang besar untuk kehidupan.

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.