Bengkulu -- Penghentian siaran TV analog berganti siaran TV digital Tahap 1 akan berlangsung pada 30 April 2022. Berbagai persiapan menyambut penghentian siaran TV analog telah dilakukan. Salah satunya menyampaikan bantuan perangkat penerima siaran TV digital atau Set Top Box (STB) ke masyarakat.

Tahap 1 ASO (analog switch off) akan dilakukan di sejumlah daerah termasuk Bengkulu. Menyambut rencana itu, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan Grup SCM/EMTEK (Penyelenggara MUX), melakukan uji coba distribusi STB untuk masyarakat Bengkulu, di Kota Bengkulu, Rabu (9/3/2022). 

Ketua KPI Pusat, Agung Suprio, mengatakan bahwa distribusi STB oleh grup SCM/EMTEK akan membantu masyarakat dalam menerima siaran digital dengan kualitas gambar dan suara yang bagus. 

"Bengkulu ini masuk ke dalam kelompok Tahap 1 ASO pada tanggal 30 April 2022.  Saya mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada grup SCM/EMTEK ini," kata Agung di awal sambutannya.

Ketua KPID Provinsi Bengkulu, Fonika Toyib, menjelaskan alokasi STB tahap awal di Bengkulu akan meliputi 14.763 rumah tangga miskin (RTM). Riciannya antara lain Kota Bengkulu 9.686 RMT dan Benteng 5.077 RTM. “Tadi Emtek menyerahkan secara simbolis kepada penerima rumah tangga miskin,” katanya di tempat yang sama.

Dia menjelaskan, penyerahan simbolis in menjadi tanda dimulainya uji coba siaran digital di Bengkulu. Uji coba distribusi dan instalasi STB ini dilakukan untuk mendapatkan data, informasi dan pengalaman lapangan agar dalam distribusi dan instalasi selanjutnya bisa lebih efektif, efisien dan lancar, baik menyangkut strategi, metode, mekanisme maupun pembiayaannya.

“Kami berharap apa yang dilakukan ini, dengan berkolaborasi dengan pemda, perpindahan siaran analog ke digital ini bisa disambut baik. Sosialisasi ke masyarakat juga harus disampaikan. Agar tidak kaget pada 1 Mei nanti,” ujarnya.

Ia meminta Pemda, baik di Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah, agar menyebarkan informasi terkait migrasi siaran ke digital ini. 

Dalam acara penyerahan itu, turut hadir Wakil Ketua KPI, Mulyo Hadi, Komisioner KPI Pusat sekaligus Korbid Pengawasan Isi Siaran KPI, Mimah Susanti, Komisioner KPID Bengkulu, Dinas Infokom dan Dinas Sosial Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah, serta  Camat dan Kepala Desa dari berbagai wilayah penerima STB. Red dari berbagai sumber 

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.