ANUGERAH KOMISI PENYIARAN INDONESIA 2021 TAYANG EKSLUSIF DI INDOSIAR

Melibatkan Deretan Bintang Tanah Air Lintas Televisi dan Radio

Jakarta - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) setiap tahun konsisten menyelenggarakan Anugerah KPI untuk memberikan apresiasi tertinggi bagi lembaga penyiaran atas kerja keras dan komitmennya dalam menghasilkan dan menyuguhkan program-program siaran yang berkualitas, mendidik sekaligus menghibur. Tahun ini, penyelenggaraan Anugerah KPI dipercayakan kepada stasiun televisi Indoesia. Malam Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia 2021 akan ditayangkan pada hari Jumat, 17 Desember 2021 pada pukul 20.30 WIB dengan dipandu oleh Raffi Ahmad, Ruben Onsu, dan Rara LIDA, serta dimeriahkan oleh penyanyi dan musisi tenar di antaranya Melly Goeslaw, Lesti DA, Fildan DA, Gabriel Harvianto, Brisia Jodie, Arsy Widianto, Waode POPA, dan Byoode.

Pada Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia 2021, terdapat total 25 penghargaan akan diberikan baik kepada televisi, radio ataupun lembaga tertentu yang menjadi ketetapan KPI untuk diberikan penghargaan khusus. Adapun kategori penghargaan terbagi atas 14 penghargaan Kategori Televisi, 3 penghargaan Kategori Radio, dan 8 Penghargaan Khusus. Penghargaan Kategori Televisi yakni: Program Anak, Program Animasi, Program Drama Seri, Program Film Televisi, Program Talkshow Berita, Program Talkshow Non-Berita, Program Wisata Budaya, Program Berita/Jurnalistik, Program Peduli Perempuan, Program Peduli Disabilitas, Program Dokumenter, Program Iklan Layanan Masyarakat, Program Peduli Perbatasan dan Daerah Tertinggal, Program Konten Lokal Televisi Berjaringan. Sementara untuk Kategori Radio yakni : Program Radio Wisata Budaya, Program Radio Iklan Layanan Masyarakat dan Program Radio Penyiaran Peduli Perbatasan dan Daerah tertinggal. Serta Penghargaan Khusus diantaranya Penghargaan Radio Komunitas Terbaik, Penghargaan Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran, Penghargaan Lembaga Penyiaran Televisi Peduli Pandemi, Penghargaan Lembaga Penyiaran Radio Peduli Pandemi, Penghargaan Kepala Daerah Inspirasi Penyiaran, Penghargaan Lembaga Penyiaran Peduli Potensi Muda Indonesia, Penghargaan Perguruan Tinggi Peduli Penyiaran, dan Penghargaan Lifetime Achievement.

“New Normal TV dan Radio” menjadi tema yang diusung pada Anugerah KPI 2021. Hal ini disesuaikan dengan situasi pandemi dan datangnya era digitalisasi penyiaran yang menjadi tantangan sekaligus peluang besar bagi pelaku industri penyiaran di Indonesia. Wakil Ketua KPI Pusat Mulyo Hadi Purnomo mengungkapkan, perjuangan lembaga penyiaran untuk terus bertahan di tengah pandemi, harus mendapat apresiasi. Termasuk dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam setiap konten-konten siaran yang merupakan bentuk edukasi pada masyarakat dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. Kami tahu penyesuaian dengan pembatasan yang telah ditetapkan tentu tidak gampang. Apalagi pada era keterbukaan seperti sekarang, masyarakat dapat dengan cepat merespon konten-konten siaran yang dinilai tidak taat protokol kesehatan. 

Anugerah KPI 2021 akhirnya menjadi sebuah pencapaian yang istimewa. “Karena selain harus mengedepankan kualitas siaran, televisi dan radio pun harus menunjukkan kepatuhan dan ketaatan atas aturan-aturan di masa pandemi,” ungkap Mulyo. 

Rasa bangga juga disampaikan Harsiwi Achmad selaku Direktur Programming Surya Citra Media (SCM). Indosiar sebagai salah satu televisi swasta tanah air merasa bangga terpilih dan dipercaya kembali oleh KPI sebagai host broadcaster penyelenggaraan Malam Anugerah KPI 2021. “Indosiar bangga kembali dipercaya oleh KPI untuk menjadi tuan rumah malam Anugerah KPI, sebuah acara penghargaan kepada Insan dan Lembaga penyiaran TV dan Radio dalam masa tetap waspada terhadap penularan COVID-19 dan menatap era siaran digital di tahun depan. Kami akan mengemas acara ini menjadi tayangan berkualitas yang memadukan idealisme dan kebutuhan pasar.  Kami berharap siaran langsung acara berkualitas ini, baik melalui Indosiar siaran analog maupun Indosiar siaran digital, yang melibatkan tokoh masyarakat dan selebritis papan atas dari sejumlah stasiun televisi dan radio di Indonesia dapat dinikmati oleh masyarakat luas” tutur Harsiwi.

Nama-nama besar public figure dan selebritis Indonesia akan hadir sebagai Pembaca Nominasi Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia 2021, seperti Yenny Wahid, Aiman Witjaksono, Alyssa Soebandono, Christian Sugiono, Dude Harlino, Feni Rose, Gilang Dirga, Jarwo Kwat, Rico Ceper, Sheila Purnama, Surya Sahetapy, Tasya Kamila, Titi Kamal, TJ, Azis Gagap, Adul dan masih banyak lainnya. 

Bapak H. Joko Widodo (Presiden RI) dan Bapak Johnny G. Plate  (Menkominfo RI),  akan memberikan apresiasi dan dukungan dalam bentuk pesan video singkat atas penyelenggaraan Anugerah KPI 2021 yang akan ditayangkan pada malam penganugerahan. 

Saksikan Malam puncak Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia 2021 pada hari Jumat, 17 Desember 2021 LIVE Pukul 20.30 WIB hanya di Indosiar!

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.