Jakarta - Tayangan televisi saat ini, jika dibandingkan dua puluh tahun lalu, sudah jauh lebih berkualitas. Salah satunya dikarenakan adanya kemitraan yang kuat antara lembaga penyiaran dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Hal tersebut disampaikan Harsiwi Ahmad, Direktur Program SCTV dalam Forum Masyarakat Peduli Penyiaran (FMPP) yang diselenggarakan KPI Pusat di Jakarta (5/11).

Siwi mengakui saat ini KPI lebih ketat mengawasi muatan program siaran di televisi, terutama yang terkait dengan perlindungan anak. Dirinya memberikan contoh saat SCTV mendapat tawaran program telenovela seperti yang pernah hits di tahun sembilan puluhan. “Sulit bagi SCTV menerima program tersebut untuk tayang, karena muatannya penuh dengan materi yang harus disensor. Misalnya seperti belahan dada,” terang Siwi. Ini menunjukkan quality control sudah berjalan di dalam lembaga penyiaran. Namun demikian dirinya mengakui bahwa televisi tetap memerlukan pengawasan dari pihak luar, baik dari KPI ataupun masyarakat.

FMPP ini sendiri bertemakan Optimalisasi Peran Kelompok Peduli Penyiaran Dalam Mencegah Kejahatan Terhadap Anak. Hadir dalam acara tersebut, Komisioner dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Maria Advianti. Pada kesempatan tersebut, Maria menyampaikan tentang kriteria tayangan yang baik untuk anak. Dirinya menegaskan bahwa syarat tayangan yang aman untuk anak harus memenuhi unsur edukatif, informative, iteraktif, imaginatif, menarik, menghibur, membuat penasaran, non adiktif, non violence dan memiliki pesan positif. Sementara, ujar Maria, saat ini justru tayangan televisi didominasi dengan muatan kekerasan, pornografi, eksploitasi, Judi, horor, sadism, rokok, minuman keras dan narkoba, orientasi seksual, khayalan, kebencian dan kriminalitas. Tentunya hal ini menunjukkan bahwa muatan televisi belum aman  bagi anak-anak.

Secara khusus Maria menjelaskan efek negatif yang menimpa anak jika terpapar muatan negatif televisi. Dirinya mengkhawatirkan adanya perilaku imitasi yang dilakukan anak terhadap hal-hal negatif yang muncul di televisi, disamping efek lain yang muncul akibat konsumsi televisi berlebihan. Meskipun teknologi sudah berkembang dengan adanya penggunaan gawai (gadget) yang semakin mudah diakses anak-anak. Penelitian justru menunjukkan bahwa konsumsi anak-anak terhadap televisi masih jauh lebih besar ketimbang penggunaan gawainya. Karenanya Maria menekankan seharusnya anak lebih banyak melakukan kegiatan fisik, dan menjadikan kegiatan menonton televisi hanya sebagai sampingan, dan bukan yang utama.

Dalam kesempatan itu, Komisioner KPI Pusat Koordinator bidang kelembagaan Bekti Nugroho mengatakan bahwa KPI sudah meminta kepada Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Anis Baswedan, untuk menjadikan literasi media sebagai kurikulum di sekolah. Menurut Bekti, dengan adanya pengetahuan literasi media sejak dini, anak-anak dapat mengatur dirinya sendiri dalam menggunakan media sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Bekti mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama terlibat dalam Gerakan Sadar Media. “Salah satunya dengan tidak menonton program televisi yang buruk,” ujarnya.

Ajakan ini disambut baik oleh KPAI. Maria mengatakan bahwa sudah saatnya industri juga didorong untuk memproduksi hanya tayangan yang baik. “Kita harus mengajak industri televisi untuk melek juga dan bersama membangun bangsa lewat tayangan dan program siaran yang berkualitas,”ujarnya.  Gerakan sadar media ini memang harus dilakukan bersama-sama dan tidak mungkin sendiri-sendiri. Masyarakat sebenarnya punya kekuatan dalam menekan media agar menyetop tayangan yang jelek, apalagi yang punya dampak buruk bagi anak-anak. Namun masih banyak yang belum tahu bagaimana cara melakukan protes dan menyampaikan hal tersebut. KPI berharap, dengan tumbuhnya kelompok-kelompok pemantau media dari masyarakat, juga menjadi mitra dalam menghadirkan penyiaran yang mencerdaskan kehidupan bangsa dalam rangka membangun masyrakat yang mandiri, demokratis, adil, dan sejahtera.

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.