Jakarta - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) akan menyelenggarakan acara Penghargaan Program Siaran Ramadhan Terbaik dan Apresiasi Program Siaran Ramadhan 2015. Kegiatan ini adalah agenda tahunan yang dilaksanakan KPI bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam mengevaluasi sekaligus mengapresiasi program siaran Ramadhan setiap tahun.

Penghargaan Program Siaran Ramadhan adalah puncak kegiatan pengawasan dan penilaian yang dilakukan KPI bersama MUI untuk tayangan siaran televisi selama bulan puasa. Sebelum masuknya bulan Ramadhan, KPI sudah mengundang seluruh Lembaga Penyiaran dan menyampaikan pentingnya peningkatan kualitas siaran yang lebih baik dari Ramadhan sebelumnya, yakni program acara yang menyajikan siaran yang mendorong kekhusukan selama pelaksanaan puasa. Selain itu, KPI juga memberikan teguran, sanksi, dan pembinaan kepada Lembaga Penyiaran yang melanggar pada setiap 10 hari pelaksaan Ramadhan.

Pada Ramadhan tahun lalu, KPI dan MUI memberikan apresiasi kepada sejumlah program acara. Tahun ini ada yang berbeda, ada Penghargaan Program Siaran Ramadhan Terbaik dan Apresiasi Program Siaran Ramadhan. Penghargaan Program acara terbaik diberikan untuk tayangan yang dianggap memenuhi kriteria, Kualitas; substansi materi yang relevan dan kontekstual dengan Ramadhan, Kreativitas; Pengemasan yang menarik dan disukai pemirsa, Orisinalitas; keaslian ide program, dan Kontinuitas; konsistensi dan survive. 

Penghargaan Program Acara Ramadhan Terbaik diberikan untuk empat jenis program acara, yakni Talent Show, Feature/Dokumenter, Sinetron, dan Reality Show. Sedangkan untuk Apresiasi Program Acara Ramadhan diberikan tanpa ketentuan kategori acara, lintas jenis dan genre acara dengan kriteria baik. 

Acara Penghargaan Siaran Program Siaran Ramadhan 2015 akan berlangsung pada Jumat, 31 Juli 2015 di Gedung Serbaguna Kominfo, Jalan Medan Merdeka Barat No. 9, Jakarta Pusat, Pukul 13.00 WIB. Kegiatan ini bersamaan dengan acara halal bihalal KPI. Acara akan dihadiri oleh Menteri Kominfo Rudiantara, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq, Ketua MUI, sejumlah Direktur Lembaga Penyiaran dan pemilik media penyiaran, serta awak media.

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.