Gorontalo – Pendidikan politik bagi masyarakat menjadi bagian penting dalam mewujudkan pemilihan umum (Pemilu) berkualitas. Lembaga penyiaran yang berperan dalam penyebaran informasi diharapkan ikut mencerdaskan masyarakat akan hak politiknya.

Keikutsertaan lembaga penyiaran mencerdaskan masyarakat pemilih pada Pemilu 2024 menjadi penekanan dalam rangkaian kunjungan kerja Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo ke dua lembaga penyiaran, Sabtu (18/11/2023). Yakni lembaga penyiaran televisi, MNC TV Gorontalo, dan lembaga penyiaran radio, Insania FM.

Kunjungan kerja dilaksanakan Komisi I Deprov Gorontalo untuk memastikan lembaga penyiaran di Gorontalo senantiasa menjalankan tugas dan fungsinya secara independen, dan profesional, menjelang Pemilu 2024. Selain itu untuk melihat konten-konten lembaga penyiaran terkait pendidikan politik bagi masyarakat.

Ketua Komisi I Deprov Gorontalo, AW Talib, mengemukakan menjelang Pemilu 2024 diharapkan lembaga penyiaran dapat menyajikan konten-konten yang memberikan edukasi serta mencerdaskan masyarakat. Khususnya berkaitan dengan Pemilu 14 Februari 2024, sehingga Pemilu berlangsung lancar dan sukses.

“Kita berharap lembaga penyiaran yang ada di Gorontalo, baik televisi dan radio, bisa menampilkan konten-konten untuk mencerdaskan masyarakat dalam menggunakan hak politiknya di tahun 2024,” tutur AW Talib didampingi anggota Komisi I Deprov Gorontalo, Adhan Dambea, dan Arifin Ali.

Tak kalah pentingnya, lembaga penyiaran dapat menjadi rumah penjernih (clearing house) terhadap informasi bohong (hoax) serta informasi yang menyesatkan (misleading information). Dengan peran tersebut maka lembaga penyiaran dapat menghindarkan masyarakat dari polarisasi maupun penyebaran informasi bohong.

“Di tahun politik independensi dan profesionalisme harus senantiasa dijunjung tinggi oleh lembaga penyiaran dan media massa. Pemberitaan mengenai politik baik oleh parpol atau caleg harus bisa berimbang, agar masyarakat mendapatkan informasi yang baik dan benar,” tutur AW Talib.

Kepala Biro MNC TV Gorontalo, Ivone Ekel, mengemukakan pihaknya senantiasa menjalankan tugas dan fungsi sesuai koridor ketentuan Undang-undang Penyiaran, Kode Etik Jurnalistik, maupun Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS). Khusus menjelang Pemilu 2024, MNC TV Gorontalo ikut menayangkan siaran lokal berkaitan informasi Pemilu 2024.

Hal senada juga disampaikan Pimpinan Insania FM, Umar Dali. Menurutnya, Radio Insania FM ikut memberikan edukasi kepada masyarakat melalui konten dan siaran tentang Pemilu 2024. Di antaranya informasi kepemiluan yang bersumber dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Red dari berbagai sumber

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.