Jambi – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jambi menggelar program kegiatan literasi media. Sepanjang tahun ini, program pencerdasan di bidang penyiaran ini telah dilaksanakan di tujuh dari sebelas kabupaten/kota di Provinsi Jambi yakni Kabupaten Kerinci, Kota Sungaipenuh, Kabupaten Katanghari, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dan Kota Jambi. Adapun tema yang diangkat “Cerdas Bermedia Di Era Digital”.

Di setiap kabupaten/kota, pelaksanaan kegiatan dipimpin Komisioner KPID Provinsi Jambi. Untuk Kabupaten Kerinci  dan Kota Sungaipenuh dipimpin Komisioner Bidang PS2P, Andi Wahyu dan Ahmad Nazmin, Kabupaten Batanghari dipimpin Ketua KPID Jambi, Joni, didampingi Koordinator Bidang Kelembagaan, Nur Ihsan.

Kemudian, literasi di Kabupaten Sarolangun langsung dipimpin Wakil Ketua KPID Jambi, Asriyadi. Di Kabupaten Bungo dipimpin Koordinator Bidang Pengawas Isi Siaran A. Riadi. Di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dipimpin Koordinator Bidang PS2P Andi Wahyu MP dan di Kota Jambi dipimpin Anggota Bidang Pengawas Isi Siaran, Kemas Alfajri.

Koordinator Bidang Kelembagaan, Nur Ihsan, yang membidangi literasi media mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka menguatkan hak masyarakat dalam mengawasi siaran televisi dan radio sekaligus mengajak mereka kritis dan aktif.  “Tujuannya agar masyarakat lebih mengetahui dan cerdas dalam memilih siaran karena semakin banyaknya program televisi dan radio yang senada dengan perkembangan dunia penyiaran,” katanya.

Menurut Ihsan, KPID Jambi mendorong masyarakat semakin kritis dalam menyikapi program siaran yang ditayangkan lembaga penyiaran, baik radio maupun televisi. Untuk pelanggaran siaran di Provinsi Jambi, kata Aseng, panggilan akrabnya, sudah semakin berkurang. Meskipun demikian, saat ini perlu peningkatan kualitas siaran baik televisi maupun radio agar lebih inovatif. 

“Pengawasan orang tua terhadap siaran yang dikonsumsi  anak juga menjadi fokus utama dalam kegiatan literasi media kali ini. Kami mengimbau partisipasi semua pihak,” katanya.

Ihsan melanjutkan, dalam pelaksanaan literasi, disamping komisioner KPID sebagai pemateri, KPID Jambi melibatkan DPRD Provinsi Jambi dari Komisi I sebagai mitra. 

Kegiatan literasi di Jambi, terang Dia, sudah dimulai apda Agustus 2022 dan akan dituntaskan pada September ini. Tahap kedua literasi akan dilaksanakan di Kabupaten Bungo, yang akan berlangsung pada Rabu, 14 September 2022, yang selanjutnya akan diikuti kabupaten/kota lainnya. Red dari KPID Jambi

 

Hak Cipta © 2022 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.