Medan – KPID Sumatera Utara (Sumut) mengelar acara KPID Sumut Award 2013. Dalam kesempatan itu, Almarhum Dimardi Abas meraih penghargaan Live Achievment KPID Award 2013 atas dedikasinya memajukan dunia penyiaran di Sumut. Penghargaan ini diserahkan secara langsung Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho, Sabtu 19 Oktober 2013 di Auditorium RRI Medan. 

Gubsu berharap ajang KPID Sumut Award ini memotivasi lembaga-lembaga penyiaran di provinsi ini untuk berlomba menyajikan program mendidik juga bermanfaat bagi masyarakat. Penghargaan diterima oleh istri almarhum Linda T Maas disaksikan oleh Ketua KPI Pusat Judhariksawan dan Ketua KPID Sumut Abdul Haris Nasution. Menerima penghargaan tersebut, Linda yang juga dosen USU ini mengaku sangat terharu. “Akhirnya ada orang yang melihat apa yang dilakukan suami saya adalah untuk kita semua, untuk Sumatera Utara,” ujarnya dikutip oleh kini.co. 

Linda mengutarakan, semasa hidupnya, Dimardi sangat yakin radio media yang potensial untuk sampaikan aspirasi rakyat. Dimardi juga ikut menggagas terbentuknya Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) Sumut dan ikut mendorong terbentuknya KPID Sumut. “Ini hendaknya menjadi dorongan buat kita dan memotivasi bersama untuk membangun Sumut, membantu Pak Gubsu, karena Sumut bukan saja Pak Gatot punya, tapi punya kita semua,” ujarnya.

Dalam malam penghargaan ini, Gubsu menyambut baik penyelenggaraan KPID Sumatera Utara Award 2013. Penghargaan ini menurutnya penting untuk mendorong lembaga penyiaran lebih peduli menciptakan siaran yang bersifat edukasi bagi masyarakat. “Saya menyambut baik penghargaan di bidang edukasi, moral dan konten lokal yang diselenggarakan KPID Sumut. Mudah-mudahan penghargaan ini menjadi pemicu dan pemacu bagi para pemangku kepentingan. Saya berharap dengan KPID award menjadi pendorong agar konten acara bisa lebih banyak memberi edukasi,” ujar Gubsu. 

Penganugerahan KPID Award 2013 terbagi atas tiga kategori yaitu program acara berisikan nilai edukasi, program acara nilai moral dan program acara tayangan lokal masing-masing untuk lembaga penyiaran radio dan televisi. Untuk kategori nilai edukasi, penghargaan diberikan kepada Radio LPPL Pemkab Serdang Bedagai dan TVRI Sumut. Untuk penghargaan kategori Program acara nilai moral adalah Program Sandiwara Radio RRI dan program Selasar Budi episode Perjuangan para Srikandi Difabel DAAI TV. Lite FM dengan Progam Kita Bicara dan Deli TV dengan program Anak Medan episode Sanggar Camar Hitam berhasil meraih penghargaan kategori Program Muatan Lokal. Red 

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.