Denpasar - Puluhan siswa dari lima  SMA/SMK di Bali, Kamis lalu, 2 Mei 2013, memenuhi ruangan dan halaman kantor KPID Bali. Mereka hadir untuk memberi dukungan pada babak kedua presentasi sepuluh besar terbaik lomba karya tulis ilmiah bidang penyiaran.

“Mewujudkan penyiaran yang sehat perlu dukungan semua pihak. Masyarakat pun harus dilibatkan dan diberi pemahaman yang benar tentang fungsi media penyiaran.  Literasi media dan media literasi harus terus dilakukan.  Sekaligus  sebagi ajang sosialisasi kelembagaan KPI di tingkat daerah, “jelas Putu Sri Harta Mimba disela-sela persiapan presentasi yang dilaksanakan di Aula KPID Bali.

Presentasi karya tulis melibatkan 5 sekolah yang berasal dari 4 kabupaten/kota dengan melibatkan 5 orang Juri, dua diataranya berasalah dari perguruan tinggi. Kegiatan ini sengaja dirancang dan dirangkaikan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). 

“Selama ini KPID Bali sudah beberapa kali melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah se Bali. Nampaknya banyak siswa yang belum tahu tentang keberadaan KPI. Lomba kali ini adalah ajang yang tepat untuk memperkenalkan fungsi dan kelembagaan KPID Bali,“terang Mimba.

Presentasi karya tulis belangsung bergantian hingga sore dan dewan juri langsung menetapkan juara satu sampai sampai harapan dua, yaitu: Juara I: Perbaikan sitematika program Indonesia Lawers Club sebagai sarana penunjang pendidikan hukum yang tepat bagi masyarakat (Wildhan Alvian Hakim, Ni Kadek sastra Dewi dan Ni Putu Candra Mahitva-SMK Farmasi Bintang Persada Denpasar), Juara II: Kesesuaian jam tayang dengan klasifikasi program siarannya ( Putu Asinidevy, Sintyananda Gaytri, Ni Made Lina Karlina-SMK Farmasi Bintang Persada Denpasar), Juara III : Independensi media penyiaran dalam membangun bali di mata siswa (Putu Nova Novrelia Hestiany, Kadek Novi Novrelia Hestianty-SMK Kesehatan Sanjiwani Gianyar), Juara harapan I : Membentuk insan Indonesia cerdas kompetitif di atas foundasi peradaban bangsa melalui penyiaran khususnya televisi (Ni Wayan Budiasih, Ni Putu Indah Ayu Lestari-SMK Bintang Persada Denpasar), dan Juara harapa II diraih: Hitam Putih Layar Televisiku (Ni made Anik Prabhawati, Ni Putu Resa Darmayani, Ni Luh Setiawati, Ni Komang Sri Ariesti-SMK Farmasi Bintang Persada Denpasar).  Seluruh juara dan nominasi berhak atas hadiah tropi, piangam dan uang pembinaan dari KPID Bali.

Wakil Ketua KPID Bali Ni Nyoman Sri Mudani dalam sambutan penutupan mengatakan,”kegiatan lomba karya tulis ilmiah kali ini adalah ajang pengalian potensi siswa dibidang penyiaran, sekaligus mendorong publik khususnya kalangan remaja agar cerdas memilah dan memilih sekaligus melakukan pengawasan isi siaran, televisi dan radio. Kita harus mampu mandiri untuk megambil manfaat positif dari siaran, terangnya. Red dari MN

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.