Tgl Surat

22 September 2022

No. Surat

32/K/KPI/31.2/09/2022

Status

Teguran Tertulis Kedua 

Stasiun TV

METRO TV

Program Siaran

Jurnalistik “Primetime News”   

Deskripsi Pelanggaran (Pertimbangan Putusan)

Pertimbangan Putusan :

1. Bahwa Program Siaran Jurnalistik “Primetime News” yang ditayangkan oleh stasiun METRO TV pada tanggal 5 September 2022 pukul 18.57 WIB terdapat muatan pemberitaan tentang “Ricuh Penukaran Tiket Laga Persib”. Dalam pemberitaan tersebut memuat rekaman video yang terdapat umpatan “anjing” yang diucapkan oleh seorang pria pada saat kericuhan berlangsung. Muatan umpatan yang serupa juga ditemukan pada program yang sama pada tanggal 1 September 2022 pukul 17.35 WIB.

2. Bahwa berdasarkan Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia Nomor 01/P/KPI/03/2012 tentang Pedoman Perilaku Penyiaran Pasal 22 Ayat 3, lembaga penyiaran dalam melaksanakan kegiatan jurnalistik wajib tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku serta Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS);

3. Bahwa berdasarkan Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia Nomor 02/P/KPI/03/2012 tentang Standar Program Siaran Pasal 40 huruf a, program siaran jurnalistik wajib memperhatikan prinsip-prinsip jurnalistik yaitu tidak menonjolkan unsur kekerasan.

MEMUTUSKAN

Menetapkan:

KEPUTUSAN KOMISI PENYIARAN INDONESIA PUSAT TENTANG SANKSI ADMINISTRATIF TEGURAN TERTULIS KEDUA PROGRAM SIARAN JURNALISTIK “PRIMETIME NEWS” DI STASIUN METRO TV.

KESATU:

Memberikan sanksi berupa Sanksi Administratif Teguran Tertulis Kedua pada Program Siaran Jurnalistik “Primetime News”.

KEDUA:

Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.