Tgl Surat

23 Agustus 2017

No. Surat

481/K/KPI/31.2/08/2017

Status

Peringatan Tertulis

Stasiun TV

GLOBAL TV

Program Siaran

“1001 Kisah: Gadis Durhaka Jadi Artis”

Deskripsi Pelanggaran

 

Berdasarkan pemantauan dan hasil analisis, Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) menilai Program Siaran “1001 Kisah: Gadis Durhaka Jadi Artis” yang ditayangkan oleh stasiun Global TV pada tanggal 3 Agustus 2017 pukul 09.30 WIB tidak memperhatikan ketentuan tentang perlindungan anak dan penggolongan program siaran yang telah diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012.

Program tersebut menayangkan adegan seorang pria yang sedang bertengkar dengan seorang wanita  dengan kalimat “eh, mana mungkin aku percaya kalau kamu hamil akibat hubungan yang kita lakukan pertama… aku pakai kamu tidak gratis, aku bayar…” Selain itu, ditampilkan pula adegan ketika seorang pria sedang merayu dan mengajak menginap seorang wanita di hotel. KPI Pusat menilai muatan cerita dengan tema dewasa tersebut tidak sesuai dan berpotensi memberi pengaruh buruk terhadap khalayak yang menonton, khususnya anak-anak dan remaja. Hal ini berpotensi melanggar Pasal 15 Ayat (1) dan Pasal 37 Ayat (4) huruf a SPS KPI Tahun 2012 tentang perlindungan anak dan larangan program siaran klasifikasi R menampilkan materi yang mengganggu perkembangan kesehatan fisik dan psikis remaja. Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan memberi peringatan.

Peringatan ini merupakan bagian dari pengawasan KPI Pusat terhadap pelaksanaan peraturan serta P3 dan SPS oleh lembaga penyiaran, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran). Selanjutnya, saudara diharapkan lebih berhati-hati dalam menyajikan sebuah program siaran dan senantiasa menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan dalam penayangan sebuah program siaran.

Demikian peringatan ini agar menjadi perhatian saudara. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.


 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.