Tgl Surat

27 Maret 2017

No. Surat

160/K/KPI/31.2/03/2017

Status

Peringatan Tertulis

Stasiun TV

RTV

Program Siaran

“Balada Cinta The Series: Putus Lagi”

Deskripsi Pelanggaran

Berdasarkan pemantauan dan hasil analisis, Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) menilai Program Siaran “Balada Cinta The Series: Putus Lagi” yang ditayangkan oleh stasiun RTV pada tanggal 13 Maret 2017 pukul 07.30 WIB tidak memperhatikan ketentuan tentang perlindungan anak-anak dan remaja serta penggolongan program siaran yang telah diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012.

Program tersebut menampilkan 2 (dua) orang wanita yang saling memaki dengan kata-kata yang merendahkan yakni, “dasar..comberan lo” dan “daripada lo..racun lo, norak lo”. KPI Pusat menilai muatan tersebut dapat memberi pengaruh buruk bagi khalayak yang menonton serta berpotensi melanggar Pasal 15 Ayat (1) dan Pasal 37 Ayat (4) huruf a SPS KPI Tahun 2012 tentang perlindungan anak-anak dan remaja serta penggolongan program siaran yakni larangan muatan yang mendorong remaja belajar tentang perilaku tidak pantas. Berdasarkan hal tersebut KPI Pusat memutuskan untuk memberikan peringatan agar segera dilakukan perbaikan internal atas program tersebut.

Selain itu, pada tanggal 15 Maret 2017 pukul 08.19 WIB Program Siaran “Balada Cinta The Series” terdapat percakapan suami istri yakni, “..sampai kamu tega menjual istrimu sendiri..” dan “Dia memberi uang sebanyak ini. Pasti karena dia puas padamu. Pasti karena dia sangat senang”. Muatan ini dinilai tidak sesuai jika ditayangkan pada jam tayang anak-anak dan remaja. Peringatan ini merupakan bagian dari pengawasan KPI Pusat terhadap pelaksanaan peraturan serta P3 dan SPS oleh lembaga penyiaran, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran). Ke depan, saudara diharapkan senantiasa menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan dalam penayangan sebuah program siaran. Demikian agar peringatan ini  menjadi perhatian saudara. Terima kasih.




Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.