Tgl Surat

30 Juni 2016

No. Surat

/K/KPI/06/16

Status

Peringatan Tertulis

Stasiun TV

TV ONE

Program Siaran

 “Makna dan Peristiwa”

Deskripsi Pelanggaran

 

Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) berdasarkan kewenangan, tugas dan kewajiban yang diatur dalam  Undang-Undang  No.  32  Tahun 2002 tentang Penyiaran (UUPenyiaran),   pengaduan   masyarakat,   pemantauan,   dan   hasil   analisis   menilai   Program Siaran  “Makna dan Peristiwa”  yang ditayangkan oleh stasiun  TV ONE  pada tanggal 23Juni   2016   pukul   08.56   WIB,   tidak   memperhatikan   ketentuan   tentang   penghormatan terhadap   nilai-nilai agama sebagaimana   diatur   dalam   Pedoman   Perilaku   Penyiaran   dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012.

Pada program tersebut menampilkan pembahasan mengenai penistaan agama diluar negeri yang menampilkan tayangan penggambaran Nabi Muhammad dan pembakaran Al-Qur’an. Visualisasi tersebut dapat menimbulkan keresahan dan kesalahpahaman dalam masyarakat. KPI Pusat mengingatkan kepada Lembaga Penyiaran untuk lebih berhati-hati dalam menyajikan konten dalam program siaran terkait agama.

Berdasarkan   hal   tersebut,   KPI   Pusat   memutuskan memberikan   peringatan   agar saudara melakukan evaluasi atas program tersebut. Saudara wajib menjadikan P3 dan SPS KPI   Tahun   2012   sebagai   acuan   utama   dalam   penayangan   sebuah   program.   Demikian peringatan ini kami sampaikan agar diperhatikan dan dipatuhi. Terima kasih.

 
Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.