Ankara - Dari Eropa hingga Timur Tengah, Asia Tengah, Afrika dan AS, serial TV Turki telah memikat 700 juta penggemar.  Di urutan kedua setelah Amerika Serikat (AS) dalam ekspor serial TV, Turki telah menarik penggemar dari 146 negara di seluruh dunia dengan lebih dari 150 serial TV.

Menghibur lebih dari 700 juta pemirsa dari Eropa, Timur Tengah, Asia Tengah, Afrika, hingga Amerika Serikat, Turki diperkirakan akan memperoleh USD1 miliar dalam ekspor serial TV pada 2023.

Pada 2018, pendapatan Turki dari ekspor serial televisi mencapai USD500 juta. Muhtesem Yuzyil (Abad Kejayaan), yang diekspor ke sebagian besar negara, menarik lebih dari 500 juta penggemar dari 70 negara berbeda.

Di antara serial TV Turki yang paling banyak meraup keuntungan adalah Dirilis: Ertugrul, Kara Para Ask, Adini Feriha Koydum, Gumus, dan Fatmagul'un Sucu Ne?. Serial televisi Turki sangat populer terutama di Chili, Meksiko dan Argentina.

Ask-i Memnu yang diproduksi pada 1975 merupakan serial televisi Turki pertama yang diekspor ke luar negeri, yaitu ke Prancis pada 1981.

Episode terakhir Gumus yang disulih suara ke bahasa Arab menarik 85 juta penonton pada 2008.

Serial TV Binbir Gece juga mendapat sambutan hangat di 80 negara, terutama di negara-negara Arab seperti Yordania, Irak, Qatar, Maroko dan Aljazair.

Popularitas serial televisi Turki mendominasi negara-negara berbahasa Turki, yaitu Azerbaijan, Turkmenistan, Kazakhstan, Kyrgyzstan dan Uzbekistan.

Albania, Polandia, Serbia, Yunani, Bosnia dan Herzegovina, dan Hongaria termasuk negara-negara Eropa yang menggemari serial televisi Turki.

Sebelumnya, Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengatakan melalui Twitter bahwa dia menonton serial Dirilis Ertugrul, sementara pesepakbola terkenal Lionel Messi, melalui akun Instagramnya, juga terlihat menonton Kara Para Ask.

Turki masuk lima besar negara pertama yang mengekspor serial televisi melalui TV dan platform online bersama AS, Jerman, Prancis dan Inggris.

Serial televisi Turki, tersedia di platform streaming online seperti Netflix, puhutv dan YouTube, sehingga mudah mendapatkan perhatian generasi muda dan membuka jalan bagi ekspor.

Sejak memasuki pasar Turki pada 2016, Netflix telah memperoleh hak streaming dari banyak serial Turki, termasuk Leyla ile Mecnun, Suskunlar, Karadayi dan Ezel.

Platform streaming populer itu juga memproduksi dua seri orisinil Netflix Turki, yaitu Hakan: Muhafiz (Sang Pelindung) dan Atiye. Red dari hurriyetdailynews.com

 

Hak Cipta © 2020 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.