Yogyakarta -- Setelah sukses dilakukan di beberapa kota, kegiatan Sosialisasi dan Publikasi Menjaga Indonesia dan Perbatasan Melalui Penyiaran Televisi Digital kembali diselenggarakan di Yogyakarta, (12/11/20). Membuka kegiatan, Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almashary, persiapan Analog Switich Off (ASO) pada 2022 menjadi dasar pentingnya kegiatan sosialisasi ini dan harus dilakukan secara massif.  

“Sosialisasi mengenai ASO menjadi tantangan tersendiri bagi KPI. Meski demikian DPR RI akan tetap mendukung langkah KPI salah satunya melalui pengesahan revisi undang-undang penyiaran,” jelasnya. 

Abdul Kharis mengapresiasi langkah KPI menggandeng Badan Aksesibilitas Teknologi dan Informasi (Bakti) melakukan sosialisasi kepada masyarakat di berbagai kota khususnya di wilayah perbatasan. Namun, dia mengingatkan sosialisasi ini harus dilakukan secara merata untuk berbagai kalangan dan jangan hanya kepada kalangan millenial tapi juga kepada orang tua. 

“Tidak bisa dipungkiri istilah penyiaran digital masih menjadi hal yang jarang dipahami orang tua. Namun untuk kalangan muda atau millenial sebagaian besar sudah memahami penyiaran digital,” paparnya sekaligus membuka kegiatan.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo, menyatakan KPI siap untuk secara massif melakukan sosialisasi kepada masyarakat. “Kami siap melakukan beberapa kegiatan guna mendukung sosialisasi penyiaran digital yang dimulai sejak tahun ini dan akan terus bergulir hingga beberapa tahun ke depan.”

Dia juga menyampaikan beberapa alasan mengenai pentingnya penyiaran digital diantaranya meratakan dan menyebarluaskan informasi kepada masyarakat khususnya bagi masyarakat di daerah perbatasan. Menurutnya, selama ini masyarakat di wilayah itu sering mendapat luberan siaran asing yang berpotensi mengikis rasa nasionalisme. “Kami percaya dengan siaran digital masyarakat dapat alternatif tayangan televisi yang beragam dan menumbuhkan rasa nasionalisme,” pungkasnya.

Kegiatan Virtual yang bekerjasama dengan Bakti, DPR dan Kominfo ini dihadiri beberapa narasumber di antaranya Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno, Komisioner KPI Pusat Irsal Ambia, Kepala Divisi Lastmile Bakti Kominfo, Asisiten CEO Media Group Wayan Eka Putra serta akan dimoderatori oleh Artika Amalia serta dihadiri ratusan peserta secara Online. Vel/*

 

Hak Cipta © 2020 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.