Jakarta -  Pesan da’wah harus dapat disampaikan secara damai di lembaga penyiaran baik itu televisi dan radio. Sehingga prinsip Islam sebagai rahmatan lil alamin, rahmat bagi semesta, dapat diterima dengan baik oleh publik yang beragam melalui medium penyiaran. Hal tersebut disampaikan Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Irsal Ambia, dalam pertemuan audiensi dengan Asosiasi Radio dan Televisi Islam Seluruh Indonesia (ARTVISI), di kantor KPI (20/1). 

Menurut Irsal, ARTVISI punya peran penting dalam menyebarkan pesan Islam secara damai lewat jaringan yang sudah mencapai 84 anggota di seluruh Indonesia. “Saya melihat ARTVISI sangat giat dalam usaha menangkal radikalisme lewat TV dan radio”, ujarnya. Selain itu, Irsal berharap pula agar ARTVISI ikut menyebarkan pesan literasi media melalui siaran-siaran da’wahnya. 

Dalam audiensi ini, hadir pula Ketua KPI Pusat Agung Suprio yang menyampaikan agenda KPI Pusat pada tahun 2020. DIantara revisi Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS) KPI 2012, penguatan kelembagaan serta mendukung DPR RI dalam upaya perubahan Undang-Undang Penyiaran. Disampaikan pula oleh Agung, bahwa pihaknya sudah diminta oleh DPR untuk memberikan masukan terkait pengaturan media baru yang hingga saat ini belum ada regulasinya.

ARTVISI merupakan asosiasi yang telah berdiri sejak tahun 2014 dan sudah memiliki 80 anggota yang 54 diantaranya merupakan lembaga penyiaran yang sudah memiliki Ijin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP). Ketua ARTVISI, Pangadilan Harahap, hadir di KPI bersama jajaran pengurus, termasuk Dewan Penasehat, Ustadz M. Elvi Syam, dari Surau TV Padang. 

Pada kesempatan tersebut, ARTVISI sangat mendukung adanya penguatan kelembagaan KPI dalam revisi Undang-Undang Penyiaran yang baru. “Harapannya bahkan, hubungan KPI Pusat dan KPI Daerah dapat berlangsung secara hirarkis”, ujar Didin Sobaruddin selaku Sekjend ARTVISI. Selain itu, ARTVISI juga mendukung pengawasan terhadap pengaturan media baru dilakukan oleh KPI. Sedangkan secara khusus, dalam rangka peningkatan kualitas anggota, ARTVISI meminta kesediaan KPI untuk menyelenggarakan Sekolah P3&SPS dengan peserta khusus anggota ARTVISI. 

Pada penghujung pertemuan, Irsal menyampaikan apresiasinya kepada ARTVISI karena selama ini telah menyikapi fenomena hijrah dengan benar, di televisi dan radio. Irsal berharap, ARTVISI terus menyampaikan pesan-pesan kebaikan lewat televisi dan radio, sebagaimana Rasulullah yang juga senantiasa menda’wahkan Islam dengan cara-cara yang santun dan penuh teladan.  

 

 

Hak Cipta © 2020 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.