Jakarta - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat berencana melaksanakan bimbingan teknis SDM penyiaran “Sekolah P3SPS” di Kota Kendari Sulawesi Tenggara, 24 hingga 25 Januari 2019.

Sekolah P3SPS di luar Kota Jakarta ini merupakan yang kelima kalinya dilaksanakan setelah sebelumnya dilaksanakan di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (2016), Bengkulu (2017), Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) (2018) dan Surabaya (2018). Kegiatan di daerah ini merupakan masukan dari kalangan penyiaran yang butuh pemahaman mengenai regulasi penyiaran.  

Penanggungjawab kegiatan Sekolah P3SPS yang juga Komisioner bidang Pengawasan Isi Siaran, Mayong Suryo Laksono mengungkapkan, sejujurnya banyak SDM penyiaran di daerah jutsru yang lebih membutuhkan pelatihan ini. "Di bidang Jurnalistik,  misalnya, banyak di Lembaga Penyiaran Nasional berjaringan berasal dari kontributor daerah. Namun sayangnya mereka belum mengetahui ada regulasi penyiaran (Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran) selain Kode Etik Jurnalistik. Dari sisi program dan produksi siaran, banyak tenaga profesional di daerah perlu mengetahui P3SPS sebagai landasan mereka melahirkan program-program berkualitas," ungkap Mayong.

Sekolah P3SPS, lanjut Mayong, tidak ada yang berubah dari segi kurikulum, modul, dan metode pengajaran. "Sekolah ini hanya pindah tempat agar lebih banyak yang ngerti P3SPS.”

Pelaksanaan Sekolah P3SPS di Kendari akan diikuti oleh 35 orang praktisi penyiaran (radio & televisi lokal dan berjaringan) yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara, juga kalangan umum dan mahasiswa.

Selama dua hari, para peserta akan mendapatkan materi pembelajaran tentang pasal-pasal yang ada di dalam P3SPS. Materi-materi tersebut akan disampaikan oleh komisioner bidang Isi Siaran KPI Pusat yaitu Hardly Stefano, Nuning Rodiyah, Dewi Setyarini, selain Mayong sendiri. 

Akan hadir juga dalam Sekolah tersebut Wakil Ketua KPI Pusat Sujarwanto Rahmat Arifin yang menyampaikan materi Filosofi Penyiaran di Indonesia, juga narasumber tamu yang akan menyampaikan kuliah umum, yakni Rektor Universitas Halu Oleo Prof. Dr. M. Zamrun Firihu. ***

 

Hak Cipta © 2019 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.