Aksi Gerakan dari Palu "Indonesia Bicara Baik" dilakukan KPID Sulawesi Tengah dan LS-ADI.

 

Palu – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Tengah (Sulteng) bekerjasama dengan LS-ADI (Lingkar Studi Aksi dan Demokrasi Indonesia) melakukan aksi turun ke jalan mengkampanyekan gerakan “Indonesia Bicara Baik”, Kamis (15/3/2018). Gerakan yang dimulai dari Kota Palu ini diharapkan menggugah dan bisa mengedukasi masyarakat untuk bisa berbicara atau juga menyampaikan pesan yang baik sekaligus positif.

Koordinator lapangan aksi, Arman Seli mengatakan, gerakan ini untuk menyikapi tantangan yang dihadapi bangsa saat ini dengan maraknya pemberitaan bohong atau hoax, ujaran kebencian dan hal buruk lainnya. “Selain itu, kami ingin kota Palu menjadi cikal bakal pemberitaan yang sesuai fakta dan jauh dari segala fitnah dan ujaran kebencian,” katanya dalam siaran pers yang disampaikan kepada kpi.go.id.

Menurut Arman, berkembangnya teknologi menjadi tantangan dalam penyiaran. Dia juga menyoroti bagaimana mengawasi pemberitaan bahkan dalam klasifikasi usia setiap orang harus berbeda tontonannya.

“Kemajuan teknologi tidak serta-merta harus diterima tanpa mempertimbangkan dampak dari modernisasi. Masyarakat dan pihak terkait seperti pemerintah dan KPI harus sinergi dengan tujuan Dari Palu Indonesia Bicara Baik,” katanya.

Sementara itu, Komisioner KPI Pusat, Ubaidillah menyampaikan  apresiasinya terhadap aksi tersebut. Menurutnya, gerakan atau aksi “Dari Palu Indonesia Bicara Baik” sebuah gerakan positif dalam upaya membendung maraknya informasi hoak dan penuh kebencian. ***

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.