Ketua KPID Jawa Barat Dede Fardiah.

 

Cirebon – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat memberikan peningkatan pemahaman literisasi media penyiaran kepada para pelajar tingkat SMA/SMK di Kabupaten Cirebon. Kegiatan itu merupakan program tahunan KPID yang harus mengedukasi para pelajar.

Ketua KPID Provinsi Jawa Barat, Dede Fardiah menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pengetahuan kepada pelajar agat dapat memilih media sebagai sarana informasi yang dimanfaatkan secara positif. Selain itu meminimalisasi dampak media yang negatif.

“Supaya mereka ini bisa memilih sarana atau tontonan yang sesuai dengan dirinya. Sehingga mereka tidak menonton yang di luar kapasitasnya. Seperti tayangan yang tidak mendidik, yang mengandung kekerasan,” terangnya, beberapa waktu lalu di kota Cirebon.

Dede juga mengatakan, untuk bisa memberi pemahaman literisasi media, tidak hanya melakukan sosialisasi kepada para pelajar maupun instansi pendidikan. Tetapi KPID juga memberikan sanksi kepada beberapa media yang telah melakukan pelanggaran.

“Selama ini, kita juga memberikan sanksi ketika ada pelanggaran yang dilakukan oleh media. Sanksinya pun macam-macam. Adanya kita berhentikan sementara, teguran, dan penggantian jam tayang,” Ujar Dede. Red dari Pilarberita

Hak Cipta © 2017 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.