Berikut ini adalah Prosedur Pengurusan Izin Penyiaran:

1. Mengurus Akta perusahaan ke Notaris

2. Registrasi ke Sistem OSS 

a. Mengisi Biodata Pribadi

b. Masuk Kemenu NIB, Memilih Akta Perusahaan dan Melengkapi komponen data NIB di sistem OSS (Data KBLI + Data Investasi Perusahaan + Data Usaha Perusahaan)

c. Mengirim Checklist Pemenuhan Komitmen.

d. Output NIB + Resume Permohonan + Komponen Data (TDP, API, SIUP, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan).

(LINK) OSS

3. Mendaftar kelayanan Publik Kominfo untuk mendapatkan User ID dengan mengklik tautan yang dikirimkan sistem OSS ke Email Anda. (LINK) Yanlik

4. Masuk ke E-Penyiaran untuk melanjutkan proses pengurusan izin (LINK) E-Penyiaran

a. Permohonan baru (LINK)

b. Permohonan Uji Coba Siaran (LINK)

c. Permohonan Perpanjangan Izin (LINK)

d. Permohonan Perubahan Data (LINK)

 

Di dalam file ini terdapat penjelasan lengkap tentang prosedur perizinan penyiaran berbentuk PDF (LINK 1) (LINK 2) (LINK 3)

 

Di bawah ini, regulasi yang mengatur prosedur perizinan penyiaran melalui Peraturan Menteri Kominfo antara lain: 

Peraturan Menteri No. 18  Tahun 2016 Persyaratan dan Tata Cara Perizinan Lembaga Penyiaran

Peraturan Menteri No. 7 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara elektronik

Peraturan Menteri No.5  Tahun 2018 Tentang Simplifikasi 4 RPM Bidang Penyiaran

Keputusan Dirjen No.20 Tahun 2018 Tentang Penetapan FM Daerah Tertinggal

Keputusan Menteri No.2120 Tahun 2016 Tentang Pemberian Kewenangan Penandatangan Dokumen

Keputusan Dirjen No.323 Tahun 2016 Tentang Pemberian Kewenangan Penandatangan Dokumen

Peraturan Menteri No. 6 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan LPS Protokol Internet

Keputusan Dirjen No.55 Tahun 2017 Tentang Perubahan KD 323 Tahun 2016

Hak Cipta © 2020 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.