Tgl Surat

9 Januari 2019

No. Surat

11a/K/KPI/31.2/12/01/2019

Status

Peringatan Tertulis 

Stasiun TV

TV ONE

Program Siaran

“Indonesia Lawyers Club”

Deskripsi Pelanggaran

Berdasarkan pengaduan masyarakat, pemantauan dan hasil analisis, Komisi Penyiaran Indonesia (“KPI”) Pusat menemukan potensi pelanggaran pada Program Siaran “Indonesia Lawyers Club” yang ditayangkan oleh stasiun tvOne pada tanggal 11 Desember 2018 pukul 22.44 WIB tidak memperhatikan ketentuan tentang norma kesopanan dan kesusilaan serta perlindungan kepada orang dan masyarakat tertentu sebagaimana diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (“P3 dan SPS”) KPI Tahun 2012.

Program siaran tersebut menampilkan perkataan dari Djamal Aziz yakni, “..orang gila boleh nyoblos..”, “..kalau orang gila boleh nyoblos, dia masuk ke TPS terus kumat ngabrak-ngabrik bagaimana kira-kira..”. KPI Pusat menilai hal tersebut berpotensi melanggar Pasal 9 Ayat (1) serta Pasal 17 Ayat (1) dan Ayat (2) huruf g SPS KPI Tahun 2012 tentang kewajiban program siaran memperhatikan norma kesopanan dan kesusilaan serta larangan program siaran melindungi orang dan masyarakat tertentu yakni orang dengan masalah kejiwaan. Berdasarkan hal tersebut KPI Pusat memutuskan untuk memberikan peringatan.

Peringatan ini merupakan bagian dari pengawasan KPI Pusat terhadap pelaksanaan peraturan serta P3 dan SPS oleh lembaga penyiaran, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (“UU Penyiaran”). Saudara wajib menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan dalam menyiarkan sebuah program siaran. 

Demikian agar peringatan ini diperhatikan dan dipatuhi. Atas perhatian saudara kami sampaikan terima kasih.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hak Cipta © 2020 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.