PROf. H. OBSATAR SINAGA

KOMISIONER KPI PUSAT

H Obstar Sinaga merupakan anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat  kelahiran 17 April 1969. Pendidikannya ditempuh pada program studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjajaran, yang kemudian berlanjut pada jenjang doktoral di universitas yang sama.

Guru Besar bidang Ilmu Hubungan Internasional ini berkarir sebagai dosen FISIP Universitas Padjajaran. Namun demikian, pengalamannya di dunia jurnalistik juga sangat bervariasi. Laki-laki yang lahir di Deli Serdang ini pernah memimpin Harian Bandung Pos pada 2004, menjadi wartawan di Harian Mandala Bandung, dan Media Indonesia Biro Jawa Barat. Sedangkan di dunia penyiaran, sosok yang akrab disapa “Prof Obi” ini pernah menjadi host/ penyiar di Radio Mora Nusantara selama 11 tahun.

Profesor yang satu ini juga menjadi dosen non organik di Seskoad, Seskoau dan Sesko TNI.  Dirinya juga dipercaya sebagai Asesor Nasional Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi serta menjabat sebagai Sekretaris Pascasarjana (Master dan Doktoral) Program Studi Hubungan Internasional FISIP Universitas Padjadjaran Bandung. Jabatan Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Widyatama Bandung pernah diembannya pada 2012-2015 demikian juga pernah menjadi Staf Ahli Walikota Bandung Periode Wahyu Hamidjaja (1993-1998), & H. Aa Tarmana (1998 – 2003), selain itu Ia juga pernah menjabat Staf Ahli Bupati Tabanan Bali di masa kepemimpinan Nyoman Adi Wiryatama (2005-2010).

Saat ini, sebagai anggota KPI Pusat periode 2016-2019, dirinya mengemban tanggung jawab sebagai Koordinator bidang Kelembagaan. Dirinya berharap, KPI dapat menjadi regulator penyiaran yang kuat dan menjaga masa depan Indonesia.

Hak Cipta © 2017 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.