UBAIDILLAH,S.SOS, M.PD

Komisioner KPI Pusat Periode 2016-2019

Lahir di Lamongan, 1 Januari 1981. Menyelesaikan pendidikan di MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan, Sekolah Menengah Pertama (SMP) A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang, Madrasah Aliyah Keagamaan Tebuireng Jombang, S1 Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Jurusan Aqidah Filsafat, Program Studi Pemikiran Politik Islam Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dan S2 Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup di Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Sabda Nabi Muhammad Saw “Khairunnas anfa’uhum linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak bermanfaat bagi orang lain, adalah menjadi pedoman hidup.

 

Saat di kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bergabung di organisasi gerakan Lingkar Studi-Aksi untuk Demokrasi Indonesia (LS-ADI). Pergulatan intelektual dan aktifis tertancap kuat disini. Semangat perjuangan untuk membela kaum buruh, petani, pedagang pasar, anak jalanan, remaja masjid dan kerusakan lingkungan. Selanjutnya aktif di Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama mulai dari tingkat Cabang hingga Pusat. Nilai-nilai perjuangan keagamaan ditempa lagi di sini untuk melakukan advokasi dunia pelajar saat menjadi Direktur Student Crisis Centre dengan berbagai isu, diantaranya: mengenai Ujian Nasional, Tolak Narkoba, Tolak Sinetron yang tidak mendidik bagi pelajar, dll.

 

Kemudian mengabdikan diri di KPI Pusat sebagai tenaga pemantau isi siaran selama dua tahun, lalu mendedikasikan diri di KPI Daerah DKI Jakarta sebagai Koordinator Pengawasan Isi Siaran sejak akhir 2014 dan saat ini dipercaya untuk KPI Pusat periode 2016-2019 yang mengawal Bidang kelembagaan.

 

Putra pertama Bapak Supriyadi dan Ibu Dewi Aminah ini, yang merupakan Lulusan Magister Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2014 memiliki hobi membaca sejak di sekolah dasar dengan mengoleksi majalah-majalah bekas yang dibelinya saat liburan di Jakarta. Sesekali menuliskan gagasannya di media massa untuk merespon situasi kekinian maupun resensi sebuah buku yang telah di bacanya.

Kegiatan yang pernah diikuti diantaranya di Pusat Kajian Kawasan Asia Timur (PUKKAT) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Centre for Research and Inter-Religious Dialogue (CRID) di Pontianak Kalimantan Barat. Komisioner termuda ini juga terlibat aktif sebagai Wakil Sekrataris Pengurus Pusat Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI-NU).

Hak Cipta © 2017 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.