ASWAR HASAN

Komisioner KPI Pusat

Aswar Hasan adalah sosok yang sarat dengan berbagai pengalaman dalam mengelola lembaga negara. Dosen tetap di Universitas Hasanudin ini memiliki kualifikasi keilmuan di bidang komunikasi dengan konsentrasi media massa. Sebelum mengemban amanah sebagai anggota Komisi Penyiaran Indoensia (KPI) Pusat, Aswar pernah menjadi Ketua KPID Sulawesi Selatan, serta Ketua Komisi Informasi Sulawesi Selatan. 

Maju sebagai anggota KPI Pusat, Aswar mengusung misi mewujudkan tatanan informasi penyiaran yang sehat dan harmonis berdasar prinsip demokrasi yang mengintegrasikan bangsa. Aswar menilai, penyiaran memiliki kontribusi besar dalam menghadirkan informasi yang sehat di tengah masyarakat, yang menjadi dasar untuk memajukan kehidupan bangsa dan menjaga kepentingan negara. 

Meskipun Aswar memegang gelar doctor di bidang administrasi kebijakan publik, dirinya juga dikenal sebagai supervisor utama untuk penelitan mahasiswa S1 dan S2 untuk peminatan media massa dan kajian media. Dinamika dunia media massa termasuk juga penyiaran di dalamnya, menjadi keseharian Aswar dalam dunia akademik. Daswa juga pernah menidirikan komunitas tentang analisa dunia perfilman, yakni “Liga Film Makassar”. Pria kelahiran Palopo tahun 1963 ini, tercatat sebagai anggota Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI), serta pengurus Keluarga Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Sulawesi Selatan. 

Selama tiga tahun ke depan di KPI Pusat, misi yang dibawa Aswar ke depan adalah menghadirkan lembaga penyiaran sebagai cermin yang indah, jujur dan bertanggungjawab atas masa depan bangsa dan negara. 

 

Hak Cipta © 2019 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.