Komisi Penyiaran Indonesia
Twitter
Facebook
English Version
Webmail
Links

Januari 2016

29 Januari 2016

Peringatan untuk Program Siaran “Morning Zone" Trax FM

Tgl Surat

28 Januari 2016

No. Surat

108/K/KPI/01/16

Status

Peringatan

Stasiun TV

Trax FM

Program Siaran

“Morning Zone

Deskripsi Pelanggaran

Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) berdasarkan kewenangan, tugas dan kewajiban yang diatur dalam Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran), pengaduan masyarakat, pemantauan, dan hasil analisis menilai Program Siaran "yang disiarkan oleh stasiun radio TRAX FM pada tanggal 11 Januari 2016 pukul 09.44 WIB, tidak memperhatikan ketentuan tentang penghormatan terhadap nilai-nilai agama sebagaimana diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012.

Program tersebut menyiarkan candaan “..mana pakai peci lagi, haduh ini anak teroris nih! Hahaha..”. KPI Pusat menilai muatan candaan SARA dapat menyinggung dan menimbulkan ketidaknyamanan dalam masyarakat. KPI Pusat mengingatkan bahwa lembaga penyiaran tidak dapat menjadikan SARA sebagai bahan candaan atau olok-olok.

Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan memberikan peringatan agar saudara melakukan evaluasi internal atas program ini. Saudara wajib menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan utama dalam menyiarkan sebuah program siaran. Demikian peringatan ini kami sampaikan. Terima kasih.   
   

Read more

Peringatan Program Siaran “Top Animals” INews TV

Tgl Surat

28 Januari 2016

No. Surat

107/K/KPI/01/16

Status

Peringatan

Stasiun TV

INews TV

Program Siaran

“Top Animals”

Deskripsi Pelanggaran

Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) berdasarkan kewenangan, tugas dan kewajiban yang diatur dalam Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran), pengaduan masyarakat, pemantauan, dan hasil analisis menilai Program Siaran “Top Animals” yang ditayangkan oleh stasiun INEWS TV pada tanggal 18 Januari 2016 pukul 08.42 WIB, tidak memperhatikan ketentuan tentang norma kesopanan dan kesusilaan, perlindungan anak-anak dan remaja, larangan menampilkan adegan yang mengesankan ciuman bibir, serta penggolongan program siaran sebagaimana diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012.

Program tersebut menampilkan gambar ciuman bibir antara seorang pria dan wanita. KPI Pusat menilai muatan tersebut tidak memperhatikan norma kesopanan dan kesusilaan yang berlaku dalam masyarakat.

Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan memberikan peringatan agar saudari melakukan evaluasi internal atas program ini. Saudari wajib menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program. Demikian peringatan ini kami sampaikan. Terima kasih.   
   

Read more

Peringatan Program Siaran “The New Eat Bulaga! Indonesia” di ANTV

Tgl Surat

28 Januari 2016

No. Surat

102/K/KPI/01/16

Status

Peringatan

Stasiun TV

ANTV

Program Siaran

“The New Eat Bulaga! Indonesia”

Deskripsi Pelanggaran

Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) berdasarkan tugas dan kewajiban yang diatur dalam Undang-Undang No.32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran), pengaduan masyarakat, pemantauan, dan hasil analisis menilai Program Siaran “The New Eat Bulaga! Indonesia” yang ditayangkan oleh stasiun ANTV pada tanggal 19 Januari 2016 pukul 09.02 WIB, tidak memperhatikan ketentuan tentang perlindungan anak-anak dan remaja sebagaimana diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012.

Program tersebut menampilkan adegan seorang pria yang diminta memindahkan ulat dari satu toples ke toples lainnya dengan menggunakan tangan. Perlu diingatkan, kami pernah mengirimkan surat kepada lembaga penyiaran tertanggal 04 Maret 2015 dengan Nomor 215/K/KPI/03/15 untuk tidak menyiarkan acara tantangan yang melakukan suatu tindakan/hal yang tidak pantas. KPI Pusat menilai muatan demikian tidak layak ditayangkan karena dapat menimbulkan ketidaknyamanan.

Berdasarkan catatan kami, “The New Eat Bulaga! Indonesia” telah mendapatkan Teguran Tertulis tertanggal 05 Agustus 2015 dengan Nomor 747/K/KPI/08/15 atas pelanggaran penghormatan hak privasi. KPI Pusat memutuskan memberikan peringatan agar saudara tidak mengulangi lagi hal tersebut. Saudara wajib menjadikan P3 dan SPS Komisi Penyiaran Indonesia tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program. Demikian peringatan ini kami sampaikan. Terima kasih.   


Read more

Peringatan untuk Program Siaran “Pesbukers” ANTV

Tgl Surat

28 Januari 2016

No. Surat

103/K/KPI/01/16

Status

Peringatan

Stasiun TV

ANTV

Program Siaran

“Pesbukers”

Deskripsi Pelanggaran

Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) berdasarkan tugas dan kewajiban yang diatur dalam Undang-Undang No.32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran), pengaduan masyarakat, pemantauan, dan hasil analisis menilai Program Siaran “Pesbukers” yang ditayangkan oleh stasiun ANTV pada tanggal 11 Januari 2016 pukul 16.00 WIB, tidak memperhatikan ketentuan tentang norma kesopanan, perlindungan anak-anak dan remaja serta larangan ungkapan kasar dan makian sebagaimana diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012.

Program tersebut menampilkan adegan seorang pria berkata “goblok”. KPI Pusat menilai kata kasar tersebut tidak dapat ditayangkan. Perlu kami ingatkan bahwa ungkapan kasar/ makian dapat berimplikasi pada sanksi administratif penghentian sementara. Hal ini sesuai dengan ketentuan pada Pasal 80 jo. Pasal 24 Ayat (1) SPS KPI Tahun 2012. Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan memberikan peringatan agar saudara tidak mengulangi hal tersebut. Saudara wajib menjadikan P3 dan SPS Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program. Demikian peringatan ini kami sampaikan. Terima kasih.   
   
       

Read more

Peringatan Program Siaran “Pelangi Indonesia” Kompas TV

Tgl Surat

28 Januari 2016

No. Surat

104/K/KPI/01/16

Status

Peringatan

Stasiun TV

Kompas TV

Program Siaran

“Pelangi Indonesia”

Deskripsi Pelanggaran

Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) berdasarkan kewenangan, tugas dan kewajiban yang diatur dalam Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran), pengaduan masyarakat, pemantauan, dan hasil analisis menilai Program Siaran “Pelangi Indonesia” yang ditayangkan oleh stasiun KOMPAS TV pada tanggal 19 Januari 2016 pukul 15.13 WIB, tidak memperhatikan ketentuan tentang perlindungan anak-anak dan remaja serta muatan supranatural yang merupakan bagian dari kebudayaan Indonesia sebagaimana diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012.

Program tersebut menampilkan adegan sekelompok pria menari menggunakan api yang diarahkan mengenai tangan, kaki, serta dimasukkan ke dalam mulut dan penutup kepala. KPI Pusat menilai muatan tersebut sangat berbahaya dan berpotensi ditiru oleh khalayak yang menonton khususnya anak-anak dan remaja. Program siaran dengan muatan supranatural yang merupakan bagian dari seni dan budaya asli bangsa Indonesia hanya dapat disiarkan pukul 22.00-03.00 waktu setempat.

Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan memberikan peringatan agar saudara melakukan evaluasi internal atas program ini. Saudara wajib menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program siaran. Demikian peringatan ini kami sampaikan. Terima kasih.   
   

Read more

Peringatan Program Siaran Jurnalistik “Lintas Malam” MNC TV

Tgl Surat

28 Januari 2016

No. Surat

105/K/KPI/01/16

Status

Peringatan

Stasiun TV

MNC TV

Program Siaran

Jurnalistik “Lintas Malam”

Deskripsi Pelanggaran

Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) berdasarkan kewenangan, tugas dan kewajiban yang diatur dalam Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran), pengaduan masyarakat, pemantauan, dan hasil analisis menilai Program Siaran Jurnalistik “Lintas Malam” yang ditayangkan oleh stasiun MNC TV pada tanggal 13 Januari 2016 pukul 01.20 WIB, tidak memperhatikan ketentuan tentang perlindungan anak-anak dan remaja serta prinsip-prinsip jurnalistik sebagaimana diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012.

Program tersebut menampilkan pemberitaan kasus penganiayaan yang dilakukan oleh oknum TNI kepada seorang anak. Berita tersebut secara eksplisit menyebutkan identitas dan memperlihatkan wajah korban penganiayaan. Kami juga menemukan tayangan serupa pada program siaran jurnalistik “Lintas Siang” pukul 11.25 WIB. KPI Pusat menilai muatan demikian tidak dapat ditayangkan karena dapat menimbulkan traumatik bagi keluarga korban.

Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan memberikan peringatan agar saudara melakukan evaluasi internal atas program ini. Saudara wajib menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program. Demikian peringatan ini kami sampaikan. Terima kasih.   

Read more

Peringatan Program Siaran Jurnalistik “Lensa Indonesia Pagi” RTV

Tgl Surat

28 Januari 2016

No. Surat

106/K/KPI/01/16

Status

Peringatan

Stasiun TV

RTV

Program Siaran

Jurnalistik “Lensa Indonesia Pagi”

Deskripsi Pelanggaran

Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) berdasarkan kewenangan, tugas dan kewajiban yang diatur dalam Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran), pengaduan masyarakat, pemantauan, dan hasil analisis menilai Program Siaran Jurnalistik “Lensa Indonesia Pagi” yang ditayangkan oleh stasiun RTV pada tanggal 15 Januari 2016 pukul 05.22 WIB, tidak memperhatikan ketentuan tentang perlindungan anak-anak dan remaja sebagaimana diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012.

Program tersebut menayangkan atraksi seorang pria menggunakan sepeda menyeberangi atap-atap gedung dan tepi gedung tinggi. KPI Pusat menilai tayangan tersebut berbahaya jika ditiru oleh anak-anak dan remaja yang tidak memiliki pemahaman yang cukup ketika menonton program tersebut.

Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan memberikan peringatan agar saudara melakukan evaluasi internal atas program ini. Saudara wajib menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program. Demikian peringatan ini kami sampaikan. Terima kasih.

Read more

Teguran Tertulis Program Siaran Jurnalistik “Redaksi Pagi” Trans 7

Tgl Surat

29 Januari 2016

No. Surat

111/K/KPI/01/16

Status

Teguran Tertulis

Stasiun TV

Trans 7

Program Siaran

Jurnalistik “Redaksi Pagi”

Deskripsi Pelanggaran

Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) berdasarkan kewenangan menurut Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran), pengaduan masyarakat, pemantauan, dan hasil analisis telah menemukan pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012 pada Program Siaran Jurnalistik “Redaksi Pagi” yang ditayangkan oleh stasiun Trans 7 pada tanggal 20 Januari 2016 pukul 06.04 WIB.

Program tersebut secara eksplisit menampilkan aksi ricuh membalikkan mobil saat evakuasi mantan anggota Gafatar. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas prinsip-prinsip jurnalistik karena menonjolkan unsur kekerasan.

 KPI Pusat memutuskan bahwa program tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 22 Ayat (3) dan Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 40 huruf a. Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan menjatuhkan sanksi administratif Teguran Tertulis.

Saudari wajib menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program siaran. Demikian agar surat sanksi administratif teguran tertulis ini diperhatikan dan dipatuhi. Terima kasih.    

 

Read more

Peringatan Program Siaran “Savitri” ANTV

Tgl Surat

29 Januari 2016

No. Surat

110/K/KPI/01/16

Status

Peringatan

Stasiun TV

ANTV

Program Siaran

“Savitri”

Deskripsi Pelanggaran

Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) berdasarkan kewenangan, tugas dan kewajiban yang diatur dalam Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran), pengaduan masyarakat, pemantauan dan hasil analisis menilai Program Siaran “Savitri” yang ditayangkan oleh stasiun ANTV pada tanggal 13 Januari 2016 pukul 19.58 WIB tidak memperhatikan ketentuan tentang perlindungan remaja sebagaimana telah diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012.


Program tersebut menayangkan adegan dua orang anak yang sedang berkelahi menggunakan pedang. KPI Pusat menilai muatan demikian tidak dapat ditayangkan karena berbahaya apabila ditiru oleh khalayak yang menonton terutama remaja.


Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan untuk memberi peringatan sebagai bahan evaluasi internal saudara. Demikian agar peringatan ini diperhatikan dan dipatuhi. Terima kasih.       

Read more

Peringatan Program Siaran Jurnalistik “Redaksi Malam” Trans 7

Tgl Surat

29 Januari 2016

No. Surat

112/K/KPI/01/16

Status

Peringatan

Stasiun TV

Trans 7

Program Siaran

Jurnalistik “Redaksi Malam”

Deskripsi Pelanggaran


Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) berdasarkan kewenangan, tugas dan kewajiban yang diatur dalam Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran), pengaduan masyarakat, pemantauan dan hasil analisis menilai Program Siaran Jurnalistik “Redaksi Malam” yang ditayangkan oleh stasiun Trans 7 pada tanggal 13 Januari 2016 pukul 23.52 WIB tidak memperhatikan ketentuan tentang perlindungan anak-anak dan remaja, prinsip-prinsip jurnalistik, serta wawancara anak di bawah umur sebagai narasumber sebagaimana telah diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012.

Program tersebut menayangkan berita seorang anak korban pemukulan tanpa menyamarkan wajah dan identitasnya. Selain itu juga ditampilkan wawancara terhadap anak tersebut terkait peristiwa kekerasan yang dialaminya. KPI Pusat menilai tayangan demikian tidak dapat ditayangkan karena dapat menimbulkan trauma bagi korban dan keluarganya.

Kami juga menemukan muatan yang tidak layak pada Program Siaran Jurnalistik “Redaksi Sore” yang ditayangkan pada tanggal 20 Januari 2016 pukul 16.41 WIB. Program tersebut menampilkan secara eksplisit rekaman CCTV yang merekam kejadian sebuah mobil menabrak mini market dan hampir mengenai seorang wanita. Kami menilai tayangan demikian dapat menimbulkan keidaknyamanan terhadap khalayak yang menonton.

Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan untuk memberi peringatan sebagai bahan evaluasi internal saudari agar hal tersebut tidak terulang. Saudari wajib menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program siaran jurnalistik. Demikian agar peringatan ini diperhatikan dan dipatuhi. Terima kasih.   

Read more

<< < Januari 2016 > >>
Se Se Ra Ka Ju Sa Mi
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
logo kpi
Komisi Penyiaran Indonesia Pusat Gedung Sekretariat Negara Lantai VI
Jl.Gajah Mada No.8, Jakarta 10120
Indonesia
Telp. 021-6340713
Fax. 021-6340667, 6340679